JK: Bangsa Melayu Punya Andil Besar bagi Bangsa Indonesia

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa bangsa Melayu memiliki andil besar terhadap sejarah bangsa Indonesia. Salah satunya, menjadi cikal bakal bahasa Indonesia.

Hal ini dikatakan JK saat menghadiri Festival Tamadun Melayu di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (19/11/2017). Festival Tamadun Melayu dalam bahasa Indonesia berarti Peradaban.

"Budaya Melayu telah memberi andil sangat besar kepada bangsa negara kita. Bagaimana bahasa Melayu telah menjadi bahasa nasional bangsa ini," kata JK.

"Walau bangsa Melayu bukan suku terbesar di Indonesia, tetapi semua sepakat untuk menggunakannya," sambungnya.

Pada acara tersebut, JK menyaksikan penandatangan sumpah setia suku Bugis dan Suku Melayu untuk persatuan bangsa Indonesia. Dirinya mengaku belajar banyak hal dari sumpah tersebut dan kembali mengucapkannya dihadapan masyarakat Melayu yang hadir.

"Jikalau tuan kepada Bugis, tuanlah kepada Melayu. Jikalau tuan kepada Melayu, tuanlah kepada Bugis. Dan jika musuh kepada Bugis, musuh lah kepada Melayu. Apabila musuh kepada Melayu, musuhlah kepada Bugis," ucapnya.

"Dan barang siapa mangkir membinasakan alam sampai anak cucu. Sungguh-sungguh sumpah yang melekat dan berbahaya apabila tidak dilaksanakan. Karena itu kepada saudara-saudaraku Melayu baik juga dari Bugis yang ada di sini agar selau mengenang dan memahami sumpah besar ini," sambungnya.

JK mengingatkan, Bugis-Melayu, hubungan dengan suku-suku lainnya harus lebih dieratkan.

"Dengan bangsa-bangsa, suku-suku bangsa di Indonesia ini tetap kita bersatu untuk kerja bersama-sama," ujarnya. (tfq/ams)

Sumber: https://news.detik.com
-

Arsip Blog

Recent Posts