Kaliurang Gelar Pentas Budaya Pascaerupsi Merapi

Sleman, DIY - Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman terus berupaya memulihkan citra obyek wisata alam Kaliurang pascabencana erupsi Gunung Merapi. Mereka menggelar berbagai kegiatan hiburan dan atraksi kesenian.

"Kami terus berupaya memulihkan pariwisata di Sleman, khususnya obyek wisata alam Kaliurang yang sempat terpuruk akibat erupsi Gunung Merapi dengan berbagai kegiatan seni dan hiburan pendukung," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Shavitri Nurmala Dewi, Rabu (18/5).

Salah satu rangkaian kegiatan hiburan dan atraksi kesenian yang akan digelar berupa pentas seni musik, campur sari, dan wayang kulit pada 28 dan 29 Mei. "Penghujung Mei 2011 Kaliurang kembali akan digoyang dengan berbagai atraksi spektakuler. Kemasan atraksi bertajuk Pentas Seni dan Musik dari berbagai komunitas seni di Sleman, Yogyakarta dan sekitarnya," katanya.

Shavitri mengatakan, kegiatan yang diprakarsai Dinas Pariwisata Provinsi DIY bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman ini diprediksi akan menyedot ribuan pengunjung. "Kami memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Dinas Pariwisata Provinsi Yogya yang telah memberikan kepedulian yang tinggi terhadap upaya peningkatan citra kepariwisataan pascaerupsi Gunung Merapi. Di antaranya dengan mengemas kegiatan seni dan hiburan di kawasan lereng Merapi," katanya.

Shavitri mengharapkan, ke depan Dinas Pariwisata Propinsi DIY akan lebih banyak lagi menyelenggarakan kegiatan di wilayah Sleman. Dengan begitu, jumlah wisatawan yang berkunjung akan kembali meningkat.

Sedangkan kegiatan pentas seni dan musik tersebut akan dipusatkan di kawasan Tlogo Putri Kaliurang dengan agenda Sabtu 28 Mei 2011 mulai pukul 12.00 hingga 17.00 WIB berupa pentas campursari oleh komunitas Campursari Ronggo Laras, Pujangga, Yoben Eling, Kembang Joyo dan Progres dengan MC Novie Kaloer dan Sugeng Iwak Bandeng. "Pada malam harinya mulai pukul 21.00 WIB akan dipentaskan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Semar Mbangun Kayangan oleh dalang Ki Edi Suwondo dengan menghadirkan bintang tamu Dalijo dan Yu Beruk," katanya.

Sedangkan Minggu 29 Mei 2011 mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB akan disajikan pentas musik yang dibawakan 10 grup musik, yaitu Three Plus, Jogja Plus, Guthos, JBL dari Delanggu, Hoss Band, D?Masta, EGP, Legend B, Joyo Plus, dan Musik Plus dari Solo. Mereka memainkan berbagai jenis musik di antaranya Koes Plus, tembang kenangan, Beatles, dan Panbers dengan MC DJ Hans SKP dan Gostban Iwak Lohan.

-

Arsip Blog

Recent Posts