Bahasa Indonesia Digemari Masyarakat Oslo, Norwegia

London, Inggris - Dubes RI di Oslo, Esti Andayani, mengatakan Bahasa Indonesia yang banyak digemari warga di Oslo berhasil mempererat hubungan Indonesia dan Norwegia.

"Bahasa Indonesia punya arti penting di sini," katanya dalam acara peringatan hari Kebangkitan Nasional, yang diadakan di KBRI Oslo yang juga dihadiri masyarakat Norwegia yang mengikuti kursus bahasa Indonesia di KBRI seperti dikutip dari Sekretaris Tiga KBRI Oslo, Febby Fahrani.

Acara yang digelar dalam upaya pengenalan arti penting hari kebangkitan nasional bagi masyarakat Indonesia, melalui kegiatan kumpul bersama dengan peserta dan alumni kursus bahasa Indonesia.

Dubes menyebutkan minat mempelajari bahasa Indonesia adalah langkah awal untuk mengenal bangsa Indonesia dengan karakter kebangsaan yang tinggi. Ia juga menyampaikan apresiasi tinggi bagi peserta dan alumni, dan harapan agar dari kemampuan berbahasa peserta dan alumni dapat memahami Indonesia dan menjadi cinta Indonesia.

Dubes Esti mengharapkan peserta dan alumni kursus bahasa untuk menggunakan secara langsung bahasa Indonesia di Indonesia. Tidak hanya itu, Dubes juga menyampaikan peserta kursus yang merupakan Friends of Indonesia itu adalah bagian dari keluarga besar Indonesia di Oslo.

Iwan Hidajat, selaku pengajar bahasa Indonesia dalam kursus bahasa, menyatakan penghargaan atas penyelenggaraan kegiatan gathering yang dipandang sebagai wadah bagi peserta dan alumni kursus bahasa untuk saling mengenal satu sama lain dan lebih mengenal Indonesia.

Apresiasi yang sama juga disampaikan beberapa peserta dan alumni dalam acara gathering yang diikuti sekitar 16 peserta kursus bahasa Indonesia. Dalam pertemuan itu, peserta dan alumni juga menyampaikan kesan kesan dan alasan ketertarikan untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Anne Rennevig menyatakan bahwa penyelenggaraan kursus bahasa Indonesia secara rutin semakin meningkatkan hubungan usaha yang dirintisnya di Lombok. Sementara itu, Casper Molthe dan Christina Kloster menyampaikan bahwa kemampuan mereka dalam berbahasa Indonesia semakin mempererat hubungan persahabatan dengan teman-teman mereka di Indonesia.

Kegiatan itu ditutup dengan pemutaran video pariwisata Indonesia dan jamuan makan malam dengan sajian hidangan khas Indonesia berupa bihun goreng, bakwan sayur, lumpia, rempeyek, keripik pisang dan es teler diharapkan dapat sebagai wadah bagi masyarakat Norwegia semakin paham keragaman budaya Indonesia yang merupakan faktor penting memperkokoh semangat kebangsaan rakyat Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts