Bersiap-siaplah untuk Kridaya 2012

Jakarta - Bersiap-siaplah untuk Pameran Kridaya 2012 yang akan berlangsung di bulan Agustus tahun depan. Menurut Ketua Umum Kridaya 2011, Triesna Wacik, selama dua kali penyelenggaraan Pameran Kridaya yaitu tahun 2010 dan 2011 selalu jatuh di bulan puasa.

"Pengennya bulan Juni atau Juli, tapi JCC penuh, kami tidak dapat tempat," jelasnya di hari penutupan Pameran Kridaya 2011, di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (7/8/2011).

Walau begitu, menurut Triesna, sebagian pengunjung selain berbelanja juga menganggap kunjungannya sebagai rekreasi dan aktivitas ngabuburit. Hal ini karena penataan stan yang lega dan juga ada aneka workshop yang bisa diikuti oleh pengunjung.

Sementara itu, menurut Triesna pihaknya belum menentukan ikon pameran tahun depan. Di tahun 2010, batik menjadi ikon. Sedangkan bambu menjadi ikon Pameran Kridaya 2011.

Puncaknya, pada hari terakhir pameran, MURI menganugerahkan Topi Bambu terbesar yang berdiameter 2 meter kepada Komunitas Perajin Topi Bambu. Rekor ini tak hanya rekor Indonesia namun juga rekor dunia yang memecahkan topi terbesar dari Meksiko yang hanya berdiameter 75 centimeter.

Triesna mengatakan pemilihan bambu sebagai ikon sejalan dengan angklung yang masuk dalam daftar warisan UNESCO. Oleh karena itu, lanjutnya, untuk ikon tema bisa jadi berhubungan dengan Tari Saman.

"Kalau Tari Saman diakui UNESCO, tahun ini sedang diajukan, mungkin ikon tahun depan tari-tarian, jadi gak selalu bahan kerajinan, bisa saja tarian ataupun alat musik," katanya.

Triesna mengimbau dengan adanya pameran tersebut masyarakat dapat menggunakan kerajinan lokal dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, lanjutnya, hal tersebut dapat membantu perekonomian para perajin dan ikut melestarikan budaya Indonesia.

"Kita bisa memakai produki-produk yang ada di sini untuk sehari-hari. Ada tekstil seperti sulaman, bordir, tenun, batik. Ada gerabah dan anyaman. Semua bisa digunakan sehari-hari," tuturnya.

Pada Pameran Kridaya 2011 terdapat 400 peserta dari sekitar 24 provinsi yang berpartisipasi. Acara ini telah berlangsung pada 3-7 Agustus 2011 di JCC.

Pada tahun ini tema yang diangkat adalah "Meningkatkan Penggunaan Produk Kerajinan dalam Keseharian". Tahun 2010, pameran tersebut menghasilkan transaksi sebesar Rp 12,5 miliar. Panitia berharap terjadi kenaikan minimal 10 persen pada transaksi 2011.

-

Arsip Blog

Recent Posts