Inhil Bakal Gelar Pargelaran Seni Melayu Selama Dua Hari Dua Malam

Tembilahan, Riau - Untuk melestarikan budaya melayu di Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, Kecamatan Mandah akan mengadakan pergelaran seni budaya melayu, yang akan dilaksanakan selama dua hari dua malam, tepatnya dimulai Sabtu (10/10/2015).

Pargelaran seni budaya melayu tersebut, disejalankan dengan pelantikan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Mandah.

“Ini juga ditaja dalam rangka hari jadi Kecamatan Mandah yang ke-77,’ jelas Camat Mandah, Nursal Sulaiman kepada GoRiau.com, Minggu (4/10/2015).

Dikatakannya, pargelaran seni budaya melayu tersebut akan menampilkan sanggar dari desa se-Kecamatan Mandah dan juga akan dimeriahkan oleh sanggar dari kecamatan lain seperti dari Tembilahan, Batang Tuaka, Gaung, Pelangiran, Kateman, Pulau Brung dan Kecamatan Teluk Belengkong.

“Disamping dari Kecamatan yang ada di inhil, pagelaran ini juga akan dimeriahkan oleh sanggar dari Provinsi tetangga, yaitu dari Kepulauan Riau (Kepri), tepatnya dari Tanjung Balai Karimun yang akan membawakan kesenian melayu asli yaitu kesenian Gazal,’ sebutnya.

Sementara untuk pelantikan pengurus LAMR Kecamatan Mandah, dijelaskan Nursal, akan dilantik langsung oleh Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan selaku pembina LAMR Kabupaten Inhil dan akan turut dihadiri oleh Pengurus LAMR Inhil dan tokoh lainnya.

“Melalui LAMR ini kita menumpangkan harapan, semoga budaya melayu yang mulai terkikis oleh zaman akan bisa digali dan dilestarikan serta diwariskan kepada generasi penerus, karena budaya tersebut merupakan sesuatu yg bisa membuat emosional persatuan dan kesatuan menjadi kokoh,’ harap Nursal.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign