Saksikan Pentas Seni dan Budaya di Museum Sonobudoyo Yogja

Yogyakarta - Anda ingin melihat berbagai pementasan pada Rabu (6/8/2014), sejumlah pementasan seni budaya diadakan secara rutin.

Satu di antaranya adalah Sendratari Ramayana Ballet yang akan dihadirkan di Purawisata. Ramayana Ballet adalah seni pertunjukan yang cantik, mengagumkan dan sulit tertandingi.

Pertunjukan ini mampu menyatukan ragam kesenian Jawa berupa tari, drama dan musik dalam satu panggung dan satu momentum untuk menyuguhkan kisah Ramayana yang dirangkum dalam 4 babak: penculikan Sinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna atau Rahwana, dan pertemuan kembali Rama-Sinta.

Pertunjukan Ramayana Ballet di Purowisata telah memecahkan rekor 25 tahun pementasan tanpa henti sehingga mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia).

Pertunjukan ini bisa dinikmati setiap hari mulai pukul 20.00 hingga 21.30 di Purawisata yang beralamat di Jalan Brigjen katamso Yogyakarta. Untuk bisa menonton Sendratari ini, pengunjung dikenakan tarif USD 25, sementara penonton yang ingin sekaligus menyantap makan malam dikenakan tarif USD 35. Informasi dan reservasi bisa menghubungi (0274) 375705.

Adapun Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Ramayana yang akan digelar di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Wayang kulit adalah mahakarya seni pertunjukan Jawa yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO.

Seorang dalang memainkan wayang yang terbuat dari kulit kerbau di balik layar yang terbuat dari kain putih, sehingga para penonton hanya dapat melihat bayangannya saja. Itulah sebabnya pertunjukan ini dinamakan wayang, yang berasal dari kata "bayang".

Daya tarik pertunjukan wayang kulit terletak pada kelincahan ki dalang memainkan berbagai tokoh wayang sekaligus dengan gerakan yang atraktif, mengubah karakter suara, berganti intonasi, melontarkan guyonan dan bahkan bernyanyi.

Pagelaran ini akan diadakan setiap hari mulai pukul 20.00 hingga 22.00 di Museum Sonobudoyo yang beralamat di Jalan Trikora 6 Yogyakarta.

Pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp 20 ribu untuk menikmati pagelaran ini.

Melestarikan budaya Yogyakarta, diadakan pula Latihan Tari Klasik Gaya Yogyakarta setiap hari pada pukul 20.00 hingga 23.00.

Latihan ini akan diselenggarakan di nDalem Kaneman, Kadipaten Kidul 44 Yogyakarta.

Pertunjukan Wayang Golek Menak juga akan digelar Kraton Yogyakarta mulai pukul 10.00 hingga 12.00. Adapun Kesenian Keroncong yang akan diadakan di Gedung Basiyo XT Square Yogyakarta mulai pukul 19.00.

-

Arsip Blog

Recent Posts