Bumi Lancang Kuning Dumai Region PSPS Lifestyle Bisnis Citizen Journalism Video Lainnya Tribun Dumai Tribun Pelalawan Tribun Inhu Tribun Rohul Tribun Tembilahan Tribun Bengkalis Tribun Siak Tribun Padang Travel Akomodasi Kuliner Destinasi Shopping Ticketing TribunTravel.com Home » Pekan Life Ada Kopi Liberica Khas Pulau Rangsang di Pekan Rantau Melayu

PEKANBARU - Perhelatan Pekan Rantau Melayu berlangsung ramai pada Jumat (8/12/2017). Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman secara langsung membuka kegiatan yang bekerjasama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) tersebut di halaman Hotel Sri Indrayani.

Disampaikan oleh Gubri dalam sambutannya mengatakan, dirinya menyambut baik acara yang akan digelar hingga tiga hari kedepan itu.

"Dengan adanya acara ini kan lebih asyik. Duduk-duduk sambil ngopi dan makan makanan khas Riau," kata Gubri.

Dipaparkannya, kegiatan yang juga didukung oleh Exploring Riau Community (ERC) itu sangat efektif untuk memperkenalkan komunitas berbasis khazanah lokal.

Gubri mencontohkan sejumlah komunitas lokal yang berfokus di pengembangan batik dan makanan serta kebudayaan khas Melayu Riau.

"Kita Riau punya semuanya. Batik kita punya batik Bono, makanan khas kita punya sagu dan banyak lagi produk kebudayaan lainnya," ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Direktur Community Development RAPP Marzum mengatakan, Pekan Rantau Melayu dijadikan sebagai wadah menggali potensi Riau.

"Kedepan, kita harapkan banyak hal dari Riau bisa muncul dan dikenal dari acara seperti ini. Nah, RAPP mencoba berkontribusi lebih banyak dalam memperkenalkan khazanah lokal tersebut," ucap Marzum.

Marzum menyampaikan, sedikitnya 20 tenant UMKM asal daerah-daerah di kabupaten dan kota se Riau terlibat dalam kegiatan disana.

"Mulai dari Meranti, Kuansing, Pelalawan dan banyak lagi. Mereka membawa produk budaya masing-masing. Mulai dari zapin, randai dan banyak lagi," jelasnya.

Salah satu paling menarik adalah, munculnya kopi jenis liberica khas Pulau Rangsang Kepulauan Meranti selama tiga hari kedepan.

"Kita juga ingin memperkenalkan varian kopi liberica khas Pulau Rangsang Meranti sebagai kopi khas dari Riau. Dan ini sangat berbeda dengan kopi-kopi lain," pungkasnya. (mad)

Sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts