Seniman Yogyakarta-Australia Berkolaborasi Gelar Pameran

Yogyakarta - Seniman dari Yogyakarta dan Australia berkolaborasi menggelar pameran bertajuk "To Know the Unknown" di Sewon Art Space Yogyakarta.

"Pameran yang merupakan respons budaya yang diwujudkan dalam berbagai media itu menampilkan sembilan karya seni hasil kolaborasi enam seniman dua negara tersebut," kata koordinator pameran "To Know the Unknown", Dyah Soemarno, di Yogyakarta, Minggu.

Menurut Dyah, enam seniman yang terlibat dalam pameran kolaborasi itu adalah Arya Sukapura Putra, Baskoro Latu, dan Nurul Hayat "Acil" dari Yogyakarta, dan Karel Dudesek, Lukas Birk, dan Marbod Fritsch dari Australia.

"Mereka bereksperimen dengan kata-kata, warna, bentuk, waktu, dan ruang. Jika dibandingkan dengan seni musik, film atau pertunjukan, kerja sama dalam seni visual adalah hal yang jarang dan tidak biasa," katanya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan ketidaknyamanan, para seniman yang berkolaborasi tidak saling mengenal satu sama lain atau mengenal karya antarmereka.

"Setiap seniman sebelumnya juga tidak diberitahu kepada siapa atau karya siapa yang akan direspons, seperti karya Lukas Bird yang kemudian direspons oleh Baskoro Latu," katanya.

Menurut dia, karya-karya foto Lukas, yang menurut Baskoro banyak berbicara tentang politik dan sejarah manusia, direspons dengan menggunakan figur anak-anak dalam rangkaian bentuk meja dan kursi.

"Mereka belum saling mengenal, tetapi dengan bahasa kalbu masing-masing karya yang direspons dapat tersampaikan. Mereka juga baru mengetahui karya hasil responnya setelah ditampilkan," katanya.

Ia mengatakan, pameran yang berlangsung hingga 12 Agustus 2011 itu sekaligus sebagai tanda dibukanya sebuah ruang budaya baru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yaitu Sewon Art Space.

"Selain pameran, ruang itu juga memfasilitasi kolaborasi dan wacana seniman Indonesia, Australia, dan Eropa. Ruang itu menjadi akses terbuka terhadap perkembangan seni kontemporer dan kebudayaan Australia dan Eropa kepada masyarakat DIY," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts