Wayang Dongeng, Pertunjukan Wayangnya Anak-Anak

Semarang, Jateng - Wayang merupakan salah satu kesenian tradisional di Indonesia dan terdapat berbagai macam jenis wayang di sejumlah daerah. Seperti wayang kulit, wayang golek, wayang orang dan lainnya. Selain wayang tersebut, ada juga namanya wayang dongeng. Wayang dongeng merupakan salah satu jenis wayang yang diperuntukan bagi anak-anak.

Tak banyak orang tahu tentang wayang dongeng. Padahal wayang dongeng di jaman dahulu banyak dimainkan para orangtua untuk menceritakan dongeng kehidupan pada anak-anak mereka. Akhir-akhir ini, wayang dongeng sudah jarang dipentaskan karena sudah mulai tergusur dengan mainan anak modern.

Jika tokoh wayang pada umumnya merupakan manusia di dalam cerita pewayangan, pada wayang dongeng tokoh-tokoh wayang digambarkan dengan berbagai macam bentuk binatang seperti burung, gajah, harimau, sapi dan ayam.

Dalam pertunjukkan kali ini, sang dalang mengambil tema pelestarian lingkungan dan menjaga hutan. Anak-anak diajarkan betapa pentingnya melestarikan hutan sehingga dapat terhindar dari banjir dan menjaga hewan agar tidak punah, sehingga keseimbangan ekosistem dapat terjaga.

Wayang dongeng merupakan salah satu media tradisional yang bisa digunakan untuk memberikan pelajaran tentang lingkungan hidup pada anak. Selain itu, pertunjukan wayang dongeng diharapkan bisa melestarikan kesenian tradisional, yang semakin hari kian terpinggirkan.(RIZ)

-

Arsip Blog

Recent Posts