Puncak Acara SWB 2011 akan Dihadiri Presiden

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan menghadiri puncak acara Sail Wakatobi Belitong (SWB) 2011 di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung pada 8 Oktober mendatang.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad selaku Ketua Panitia Nasional SWB 2011 telah melakukan inspeksi bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Kabupaten Belitung, Minggu (18/9).

Menurut Fadel, kegiatan inspeksi itu dilakukan dalam rangka untuk penyampaian informasi sekaligus pengecekan seluruh kesiapan puncak acara SWB.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga memaparkan, pelaksanaan SWB yang mengangkat tema "clean ocean for the future" itu memiliki empat tujuan antara lain menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sedangkan tujuan lainnya adalah menjadikan Wakatobi dan Belitung sebagai destinasi wisata nasional dan internasional, menciptakan "the best sailing passage", serta menjadikan potensi kelautan perikanan Sulawesi Tenggara dan Bangka Belitung sebagai sumber pembangunan daerah berkelanjutan.

"Bangka Belitung sebagai salah satu provinsi kepulauan akan didorong untuk pengembangan sektor kelautan dan perikanan sebagai prioritas dengan komoditas unggulan adalah rumput laut", kata Fadel.

Kegiatan SWB yang dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung adalah Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya, Reli Kapal Layar (yacht rally), Seminar Nasional maupun Internasional, Kejurnas Olahraga Bahari, Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari, Festival Budaya dan Atraksi Wisata, dan Pameran Produk Kelautan dan Perikanan.

Kegiatan Yacht Rally diikuti kapal yacht sebanyak 102 buah dan berlayar selama tiga bulan melewati perairan nusantara dan melewati 18 kota-kabupaten di Indonesia.

Reli kapal yacht yang telah dimulai dari Darwin, Australia itu dijadwalkan akan berakhir di Belitung untuk selanjutnya menuju Singapura.

Untuk kegiatan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya akan menggunakan kapal rumah sakit TNI AL, KRI Dr. Suharso. Bakti sosial diberikan kepada masyarakat di wilayah Pulau Bangka, Belitung, dan sekitarnya dengan pelayanan kesehatan berupa pengobatan umum, pengobatan gigi dan mulut, operasi bibir sumbing, operasi katarak, operasi kecil dan besar, serta vaksinasi.

Sebelumnya, Menko Kesra Agung Laksono juga telah mengemukakan bahwa anggaran yang dipergunakan untuk seluruh acara SWB 2011 mencapai Rp60 miliar.

SWB merupakan kelanjutan dari kegiatan Sail Indonesia yang telah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, yang dimulai dari Sail Bunaken pada 2009 dan Sail Banda pada 2010.

-

Arsip Blog

Recent Posts