"Ana KCB" bantu galang dana untuk Somalia

Padang - Pemeran utama film "Ketika Cinta Bertasbih" (KCB) Oki Setiana Dewi (Ana KCB) rencananya akan turut membantu penggalangan dana untuk warga Somalia yang tengah dilanda bencana kelaparan.

Kepala Cabang Lembaga Amil Zakat Dompet Dhufa Singgalang Musfi Yendra di Padang, Kamis, mengatakan, bekerja sama dengan Carano Production pihaknya akan mengadakan acara talkshow bertema "Kiat Menjadi Muslimah Cerdas & Berprestasi" di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Minggu (25/9).

"Ana KCB akan langsung memandu penggalangan donasi dari para peserta sekitar 10 menit pada awal talkshow," katanya.

Kerja sama antara Dompet Dhuafa Singgalang dengan Carano Production tersebut merupakan kelanjutan dari Program "Help Somalia" Dompet Dhuafa Singgalang.

Ditargetkan acara talkshow tersebut menjadi ladang amal untuk meringankan derita saudara muslim Somalia.

"Dompet Dhuafa Singgalang terus menggalang dana untuk Somalia hingga tanggal 30 September ini," katanya.

Harapannya, donasi yang terkumpul nantinya dapat meringankan ujian berat yang menimpa hampir seluruh rakyat di Somalia.

Ia menambahkan, dari penggalangan dana yang telah dilakukan sebelumnya, hingga saat ini telah terkumpul donasi sebesar Rp20 juta lebih.

Saat ini sekitar 80 persen anak di Somalia menderita kekurangan gizi, dan 30 persen di antaranya dikategorikan akut. Kematian pun masih terus menghantui, terutama bagi mereka yang anak-anak, ujarnya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan sempat mengeluarkan ketetapan bahwa Somalia berada dalam tingkat kelaparan terparah selama 60 tahun. Kelaparan yang tidak saja karena perubahan iklim, gagal panen, dan kenaikan harga pangan dunia, tapi juga karena pergolakan politik yang tak kunjung selesai.

Melalui program "Help Somalia" ini Dompet Dhuafa Singgalang terus mengetuk hati masyarakat luas untuk turut mengeluarkan bantuan untuk Somalia.

"Dana yang dihasilkan dari penghimpunan dana ini akan dialokasikan untuk makanan, obat-obatan, serta kebutuhan lainnya," katanya.

Dikatakannya, demi mempermudah akses donasi, Dompet Dhuafa Singgalang telah membuka rekening bantuan untuk Somalia a/n Yayasan Dompet Dhuafa Singgalang melalui BNI Syariah dengan nomor rekening 234.66666.6.

Sementara itu, Direktur Eksekutif EO Carano Production Edo Anderfson menyatakan kesungguhan untuk menyukseskan agenda penggalangan bantuan untuk warga Somalia itu.

"Kami akan berupaya menyukseskan agenda amal ini karena dalam talkshow kita sekaligus dapat beramal," kata Edo. (AH/R014)

-

Arsip Blog

Recent Posts