Seniman Indonesia-Thailand Kolaborasi Tari dan Musik

Solo, Jateng - Sejumlah seniman Solo yang tergabung dalam kelompok "Mugidance" kembali akan membuat karya baru, kali ini kolaborasi antara seniman berakar budaya Jawa dan seniman Thailand.

Direktur Program Mugidance, Nuri Aryati, di Solo, Jumat, mengatakan karya dua seniman masing-masing berlatar belakang dari musik dan tari nantinya akan digelar di kompleks Pusat Kesenian Terbesar Asia di Gwangju, Korea Selatan, 3 September 2011.

Program kolaborasi ini, katanya, lolos seleksi dari 77 proposal dari 21 negara yang masuk dan diseleksi 12 panelis profesional dari Korea. Program ini didukung sebagian oleh inisiatif pengembangan proyek Asian Arts Theatre 2011 yang didanai oleh Kantor Pusat Budaya Asia pada Kementerian Kebudayaan Olahraga dan Turisme Korea Selatan.

Karya kolaborasi yang diusung akan mengombinasikan antara budaya Indonesia/Jawa dan budaya Lanna dari Thailand Utara. Mereka yang mendukung karya dengan titel Kolaborasi Jawa dan Lanna ini adalah Mugiyono Kasido, Dedek Wahyudi, Endah Laras, ketiganya dari Indonesia (Solo), sedangkan dari Thailand adalah Thitipol Kanteewong dan Ronnarong Khampha.

Mugidance yang telah mementaskan karya-karyanya di sekitar 18 negara di seluruh dunia sejak 17 tahun silam. Berbagai festival telah disambanginya, demikian pula beberapa kali berkolaborasi dengan seniman lain baik dari Indonesia maupun mancanegara.

-

Arsip Blog

Recent Posts