Wisata Kuliner Ramaikan Festival Bengkulu

Bengkulu - Festival pesisir di Bengkulu akan semakin menarik dengan adanya acara wisata penggalian kuliner khas Bengkulu. Wisata kuliner tersebut akan mendatangkan ahli masak Farah Quinn. Festival pesisir akan berlangsing di sport center Pantai Panjang, Bengkulu, pada bulan November 2011

"Festival pesisir ini bertujuan menggali potensi wisata dan makanan laut Bengkulu yang banyak tersebar di perairan Bengkulu sepanjang 525 kilo meter garis pantai," jelas Kepala Bidang Pengembangan Produk dan Pelayanan Wisata Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Bengkulu Suparhim, Selasa (6/9/2011).

Menurutnya, festival tersebut akan diramaikan dengan lomba masakan laut dengan juri Farah Quinn. Farah Quinn merupakan putri Bengkulu. Suparhim berharap dengan digelarnya lomba masakan menu laut Bengkulu akan ditemukan menu khusus. Menu khusus itu, lanjutnya, dapat menjadi lambang Bengkulu selain makanan "bagar hiu" dan menu yang sudah ada sebelumnya.

Peserta lomba masak ini akan melibatkan pakar masakan di Bengkulu dan para ibu rumah tangga yang selama ini masakan khas Bengkulu olahannya belum terpublikasi dengan baik. Pemenang lomba masakan tersebut akan mendapatkan paten produk masakannya sebagai makanan khas Bengkulu.

Selain itu, festival pesisir juga akan diramaikan dengan pagelaran seni budaya, pameran wajah Bengkulu tempo dulu, lomba pakaian khas daerah, dan pelaminan masing-masing suku di Bengkulu. Selain dilaksanakan di sport center Pantai Panjang, acara juga digelar di Balai Buntar, dan beberapa hotel lainnya. Festival akan melibatkan pula kesenian rumpun melayu yakni rentak serumpun melayu yang forumnya sudah go internasional.

"Rentak serumpun melayu akan kita libatkan dalam acara ini. Forum mereka saat ini sudah go internasional atau mendunia, kita undang se-Sumbagsel," tambahnya. Tujuan festival pesisir sebagai pengembangan produk wisata Bengkulu serta promo wisata alam dan budaya.

-

Arsip Blog

Recent Posts