Budaya Yogja Tampil Bebas Penuh Kreativitas

Jakarta - Bebas berarti tidak pernah terikat atau tidak pernah terkekang. Hidup dengan jiwa yang bebas bisa membuat orang lebih berkreativitas. Semangat inilah yang dipegang oleh komunitas-komunitas indie. Kata indie sendiri berasal dari bahasa Inggris, berasal dari kata independent yang mempunya arti kebebasan, kemerdekaan.

Yamaha sebagai produsen motor sangat mengerti tentang hal ini sehingga dalam penyelenggaraan Free Your Soul di tahun keempat ini, di Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogjakarta, 18 September 2011, memberi warna baru yang berbeda dari tahun-tahun yang sebelumnya. Jika sebelumnya hanya ada high school band competition, kali ini Yamaha menambahnya dengan lomba indie comic, lomba indie clothing, dan lomba indie poster. Kegiatan lainnya adalah lomba graffiti, body painting, fotografi, bmx, dan stunt rider. Penyelenggaraan Free Your Soul semakin lebih berwarna karena juara high school band competition bisa menyuarakan kebebasan jiwa mereka hingga ke Korea Selatan, dikirim mengikuti Asian Beat Band Competition. Yamaha Motor berkolaborasi dengan Yamaha Musik untuk menyeleksi peserta band yang tampil dan menjadi juri penilai. Acara final akan diselenggarakan di Bandung.

"Musik sangat dekat dengan anak muda, begitu pula dengan kegiatan seni lainnya dengan media comic, clothing, dan poster. Melalui Free Your Soul mereka bisa menyalurkan bakat dan kreatifitasnya. Apalagi ada reward di tahun ini dari Yamaha dengan mengirimkan juara kompetisi band ke Korea Selatan. Ini membuat mereka semakin berkarya lebih baik lagi," jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communiation Head Yamaha Indonesia.

Sekitar 4000 anak muda dari kalangan umum, komunitas indie musik, grafiti, distro dan clothing datang menyaksikan penyelenggaraan Free Your Soul. Acara menjadi lebih menarik karena di lomba indie clothing peserta menampilkan budaya Yogja secara bebas. Landmark kota, bahasa, alat-alat musik dan batik Yogja dituangkan dalam karya dengan sangat tidak kaku dan sangat kreatif. Begitu juga di kategori high school band competition, peserta membawakan lagu-lagu Yogja yang diaransemen sehingga budaya Yogya yang cair begitu sangat terasa. Band indie Captain Jack yang mengisi acara puncak menambah meriah acara.

Penyelenggaraan Free Your Soul yang dekat dengan anak-anak muda jadi penegas imej Mio. Lima nama warnya pun disesuaikan dengan tagline "The Spirit of Indie" yakni Black Progressive Red, Funky Red, Techno Blue, Disco Green, dan Rocking White. Mio dan Mio Soul terbaru menonjolkan grafis artistik yang sesuai dengan anak muda. Mio menyasar kaum muda perempuan, dan Mio Soul sesuai untuk kaum laki-laki. Free Your Soul juga akan ada di Jakarta (25 September), dan Bandung (2 Oktober).

-

Arsip Blog

Recent Posts