Arakan Obor Api di Bintan Pesisir Sambut Malam Belasan Ramadan

Bintan Pesisir, Kepri - Ratusan obor api mengular sepanjang jalan di perkampungan Pulau Air Glubi Kecamatan Bintan Pesisir, Selasa (6/6). Masyarakat serta para pejabat Bintan tumpah ruah, meramaikan malam belasan Ramadan.

Kemeriahan malam obor menyambut malam belasan Ramadan ini dimeriahkan host My Trip My Adventure (MTMA) salah satu stasiun televisi, Richard Kyle dan Rikas Harsa. Keduanya mengajak Bupati Bintan Apri Sujadi bersama istrinya Deby Apri Sujadi, untuk syuting bareng dalam acara travelling yang biasa disiarkan setiap akhir pekan itu. Acara yang mengeksplore keindahan nusantara itu, sengaja memilih Desa Air Glubi sebagai lokasi syuting karena keindahan alam serta suasana pemukiman warga yang masih asri.

“Tradisi arak-arak obor api/lampu cangkok menambah kemeriahan Ramadan di Bintan, sumpah keren banget. Gue sama Rikas sempat keliling juga tadi pakai obor sama Pak Bupati,” ujar Richard di sela-sela kegiatan yang disejalankan dengan safari Ramadan Bupati Bintan dan rombongan.

Kedatangan kru MTMA ke Bintan sudah kedua kalinya. Sebelumnya mereka juga pernah syuting di beberapa kawasan pantai seperti di Lagoi, Senggiling serta Trikora. Namun syuting kali ini sengaja mengambil suasana perkampungan karena untuk edisi Idul Fitri 1438H yang rencananya tayang akhir pekan jelang lebaran nanti.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, suasana Ramadan di perkampungan memanglah sangat berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Apalagi Bintan merupakan daerah yang kental budaya Melayu, sehingga banyak tradisi setiap Ramadan yang tak dimiliki daerah lain. Puncaknya ketika malam 27 Ramadan sempena menyambut malam Lailatul Qadar hingga perayaan Idul Fitri.

“Pemasangan lampu cangkok jadi tradisi dan kultur masyarakat Melayu di Bintan. Kami sebagai pemerintah daerah senantiasa mendukung dan melestarikan budaya lampu cangkok sebagai bagian dari jati diri masyarakat Melayu,” kata Apri menjelaskan kepada host MTMA, Richard Kyle dan Rikas Harsa dalam sesi syuting.

-

Arsip Blog

Recent Posts