Budaya Betawi Diminta Ditampilkan di Jepang

Jakarta - Kunjungan kehormatan diterima Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), yakni saat para petinggi Soka Gakkai Internasional, Makoto Tsutsumi (Sekjen SGI) dan Shinji Ushioda (Ketua Bagian Asia Selatan SGI). Kedatangan mereka dikawal oleh tim dari Soka Gakkai Indonesia, Taguchi, Elly Muliawan dan Ayumi Shinoki.

Acara kunjungan yang berlangsung di sekretariat LKB, Gd, Nyi Ageng serang, Kuningan, Jakarta Selatan, disambut meriah dengan tarian dan musik Betawi serta atraksi silat Betawi.

Ketua umum LKB Tatang Hidayat menjelaskan kunjungan tersebut berlangsung pada Rabu 3 Juni lali. Ini‎ merupakan kunjungan balasan untuk mempererat hubungan persahabatan kedua belah pihak.

"Sebelumnya, pada Oktober 2012 LKB telah berkunjung ke Soka Gakkai International, dalam misi kebudayaan untuk perdamaian yang digelar di Soka Gakkai University, Tokyo, Jepang, dengan tajuk “Malam Budaya dan Persahabatan Indonesia–Jepang”," ujar Tatang saat berbincang dengan wartawan, Jumat (5/6).

Tokoh muda betawi ini secara langsung mengungkapkan harapannya untuk bisa menampilkan seni budaya Betawi di Min-On. “Sebagai wujud konkrit persahabatan kami sangat berharap mendapat kesempatan untuk tampil di Min-On,” tegas mantan komandan nasional Banser NU ini.

Pada kesempatan yang sama salah satu pendiri LKB Effendi Yusuf berharap agar jalinan persahabatan di jalur kebudayaan antara LKB dan Soka Gakkai bisa terus berlanjut. “Melalui jalur budaya ini kita berharap bisa saling memahami hal-hal yang berkaitan dengan kecintaan masyarakat,” ujarnya.

Menanggapi harapan tuan rumah, Makoto Tsutsumi mengatakan bahwa mereka mencatatnya dan segera mengajukannya. Ditambahkan oleh Shinji Ushioda, berbeda dengan organisasi lain yang lebih suka mengundang kesenian dari Eropa, Min-On memang lebih melihat ke jalur sutera laut dan darat.

"Sudah ada 76 kesenian dari berbagai negara yang mereka undang untuk tampil di sana. Dua di antaranya dari Indonesia, yaitu Yogyakarta ‎dan Jawa Barat. Mereka pun berharap di waktu mendatang kesenian Betawi bisa tampil di sana," ujarnya.

Min-On merupakan kependekan Minshu ongaku, atau “musik untuk semua”. Min-On Concert Assosiation didirikan oleh Daisaku Ikeda, Presiden Soka Gakkai International, dengan tujuan untuk mempromosikan pertukaran budaya internasional dan perdamaian melalui musik.

-

Arsip Blog

Recent Posts