Ritual Tetek Gigi dan Berias Digelar Sebelum Akad Nikah

Pontianak, Kalbar - Keluarga besar Kesultanan Pontianak melaksanakan ritual adat tetek gigi (menitik gigi) dan berias (berhias) pengantin di kediaman Sultan Syarif Abubakar Alkadrie, Jl Tanjung Raya 1, Pontianak Timur, Jumat (12/6/2015) sekitar pukul 14.21 WIB.

Adat tetek gigi dan berias pengantin ini merupakan sebagian dari prosesi adat istiadat dalam pernikahan putra bungsu Sultan Syarif Abubakar Mahmud Alkadrie dengan Ratu Laila Perdana Agung yakni Syarif Febriansyah Alkadrie yang bergelar Pangeran Mas Perdana Agung Muda dengan Putri pasangan Syarif Usman Alkadrie dengan Utin Risnarti yakni Syarifah Riana Nita Alkadrie.

Menurut pemangku adat Kesultanan Pontianak, Ami Arsullah, ritual adat tetek gigi dan berias pengantin harus dilaksanakan sebelum prosesi akad nikah. "Waktunya haruslah sebelum masuk waktu salat Asar," ujarnya

Selain disaksikan Sultan Syarif Abubakar Mahmud Alkadrie dan Ratu Laila Perdana Agung, acara adat istiadat Kesultanan Pontianak ini sendiri dilakukan langsung oleh pemangku adat Kesultanan Pontianak dan dihadiri kaum kerabat Sultan.

"Adat kerajaan Kesultanan Melayu Pontianak ini bercampur dengan adat Bugis, karena asal muasalnya dari Raja Mempawah, Opu Daeng Menambon yang berasal dari suku Bugis," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts