SMP 115 Jakarta akan Tampilkan Kesenian di AS

Jakarta - Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah melepas siswa-siswi SMP Negeri 115 Jakarta yang akan mewakili Indonesia dalam acara "World Childrens Festival" di Washington DC, AS, pada 30 Juni hingga 4 Juli 2015.

"Kemdikbud mengapresiasi SMP 115 Jakarta yang akan menampilkan kesenian dan berprestasi hingga kancah internasional," ujar Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan dalam acara pelepasan siswa SMPN 115 Jakarta di Jakarta, Jumat.

Ia berharap anak-anak yang akan menjadi duta budaya selama di AS itu dapat menjalin persahabatan dengan rekan-rekan dari negara lain.

Selain itu, setelah mengikuti kegiatan budaya, anak-anak itu diharapkan memiliki mental yang lebih kuat dan kepercayaan diri yang tinggi.

"Mereka akan punya pengalaman baik di festival inernasional yang besar sehingga membuat lebih percaya diri, mental lebih kuat," ujar Kacung.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas SMPN 115 Jakarta Citrawati Puji Lestari mengatakan adanya kegiatan budaya itu diharapkan dapat membuat siswa-siswinya lebih mencintai budaya Indonesia.

"Kalau tidak dikenalkan sejak dini, tidak akan cinta. Dengan kegiatan ini, anak mengenal kebudayaan semakin cinta, dan terbentengi dari budaya luar yang mungkin kurang pas dengan budaya kita," ujar Citrawati.

Selain itu, sebagai generasi muda, mereka juga diharapkan dapat memelihara dan memperkenalkan budaya Indonesia agar lestari.

SMPN 115 Jakarta akan mengirimkan tujuh orang penari dan 10 pemusik untuk menampilkan tari Saman, Gregetjawara dipadu Enggang, Mandau dan BalianBawu serta musik tradisional Nusantara di festival yang diadakan International Child Art Foundation itu.

Festival itu akan diikuti lebih dari 40 negara di dunia untuk memerkan kebudayaan masing-masing serta mengikuti kegiatan pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, perdamaian dan kepemimpinan.

-

Arsip Blog

Recent Posts