Kebudayaan Malaysia Semarakan "Pagaruyung Fair"

Batusangkar, Sumbar - Kebudayaan Malaysia akan menyemarakan pagelaran "Pagaruyung air" di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), pada 3-7 Juni 2015.

"Kebudayaan Negeri Johor Malaysia akan tampil pada pembukaan Pagaruyung Fair di Lapangan Cindua Mato Batusangkar," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Datar Marwan di Batusangkar, Senin.

Selain itu, kesenian dari Taluak Kuantan, Kabupaten Kuantan Sengingi, Provinsi Riau, juga akan ambil bagian pada pesta rakyat yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar sebagai ajang promosi budaya dan pariwisata daerah itu.

Marwan menyebut Tanah Datar merupakan salah satu destinasi wisata di Sumbar yang mempunyai banyak objek wisata baik wisata budaya, alam, maupun sejarah.

"Semua objek wisata itu menjadi daya tarik para wisatawan berkunjung ke Tanah Datar," katanya.

Ia menjelaskan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata, pihaknya setiap tahun melakukan pengembangan sarana dan prasarana serta promosi wisata secara bertahap.

Pagelaran Pagaruyung Fair akan diisi berbagai kegiatan seperti parade aero show, pawai budaya, festival randai, Batusangkar Expo, lomba seni budaya, pameran foto, lomba masakan kas Minang, pacu jawi, festival salawat dulang, lomba layang-layang dan burung berkicau.

"Beberapa kegiatan ditunda pelaksanaannya seperti gelanggang silih baganti (GSB), lomba lagu Minang, kontes batu akik, dan gerak jalan santai wisata," kata Marwan.

Ia mengharapkan masyarakat dapat meramaikan kegiatan tersebut sehingga adat dan budaya Minangkabau dapat lestari dan menjadi ikon utama kunjungan wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Kabag Humas Setdakab Tanah Datar Afriyanti Rustam mengharapkan masyarakat Tanah Datar ikut berpartisipasi mengembangkan pariwisata dan kebudayaan daerahnya sendiri.

"Kami bersyukur bahwa Tanah Datar memiliki sumber daya alam, budaya dan industri rumah tangga yang banyak dalam menunjang pengembangan pariwisata ke depan," katanya.

Ia menuturkan beberapa objek wisata yang cukup diminati wisatawan adalah Istano Basa Pagaruyung, Lembah Anai, Panorama Tabek Patah, Puncak Pato, Tanjung Mutiara, Batu Angkek-Angkek, Batu Batikam, Batu Basurek, Rumah Tuo Balimbiang, Nagari Tuo Pariangan, Bukik Shaduali, dan Aie Angek Padang Ganting.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign