Sambut Ramadhan, Limapuluh Kota Gelar Potang Balimau

Limapuluh Kota, Sumbar - Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat (Sumbar), Safaruddin menyarankan pemerintah setempat untuk mengemas kegiatan "Patang Balimau" (tradisi menyambut bulan Ramadhan) sebaik mungkin.

"Ke depannya bagaimana pemerintah daerah dan masyarakat setempat agar menyusun kegiatan ini sedemikian rapi," katanya di di Nagari (desa adat) Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kamis (18/06/2015).

Ia mengatakan, jika kegiatan tersebut dikemas dengan baik maka acaranya tidak terfokus pada satu hari saja sehingga hiburan "anak nagari" itu lebih semarak.

Menurutnya, beberapa perlombaan yang digelar dalam kegiatan tersebut dapat diselenggarakan beberapa hari sebelum "balimau".

"Sehingganya pada hari H, yang diselenggarakan tinggal pembagian hadiah saja," kata dia.

Ia mengatakan, jika kegiatan tersebut difokuskan satu hari saja maka akan menyebabkan lalulintas Jalur lintas Sumbar-Riau akan macet sebab lokasi pelaksanaannya di pinggir jalan utama.

Selain itu, jika hiburan "anak nagari" tersebut digelar beberapa hari maka dampak akan dirasakan masyarakat sekitar, terutama untuk sektor ekonomi.

Ia mengapresiasi kegiatan "Patang Balimau" itu masih dilestarikan sehingga tradisi yang digelas sejak ratusan tahun lalu masih terlaksana hingga sekarang.

Salah seorang Warga Pangkalan, Ansor menyarankan agar membenahi fasilitas yang ada di sekitar lokasi pelaksanaan tradisi "Patang Balimau" itu.

Ia menyebutkan, diantara yang perlu itu adalah, tempat untuk para pengunjung untuk menyaksikan kegiatan tersebut dan parkir kendaraan sehingga tidak menyebabkan jalan lintas Sumbar-Riau macet sebab lokasi pelaksanaanya di pinggir jalur utama.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign