33 Gubernur Dukung Visit Indonesian Year

Bandung – Para gubernur dari 33 provinsi se-Indonesia dijadwalkan menghadiri relaunching Kampanye Nasional Sadar Wisata (KNSW) dan Sapta Pesona yang akan digelar Minggu (25/11) mendatang.

Agenda yang juga akan dihadiri Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik ini merupakan bagian dari rangkaian acara “Kemilau Nusantara 2007” sebagai agenda seni dan budaya tahunan Jabar bertaraf nasional. Di samping itu, acara ini merupakan program kampanye untuk mendukung Visit Indonesia Year (VIY) 2008.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Jabar I Budhyana mengatakan, para gubernur akan membawa air dari mata air di masing-masing daerah, tanah, dan pohon khas daerahnya.

“Pada saat relaunching KNSW dan Sapta Pesona nanti, pohon-pohon yang dibawa para gubernur akan bersama- sama ditanam pada tanah yang mereka bawa dan disiram dengan airnya. Ini sebagai simbol digencarkannya dukungan aktivitas kepariwisataan menyambut Visit Indonesia Year 2008,” jelas Budhyana.

Acara “Kemilau Nusantara 2007” ini akan dipusatkan di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Sabtu– Minggu (24–25/11). Dirjen Pemasaran Depbudpar Thamrin Bhiwana Bahri mengatakan, poin-poin dalam Sapta Pesona merupakan elemen dasar yang mendukung kepariwisataan nasional.

Namun, selama ini, sebagian elemen Sapta Pesona justru menjadi kelemahan dasar yang menghambat kemajuan pariwisata. “Betapapun menariknya produk dan lokasi wisata kita, kalau tidak aman, tidak tertib, tidak bersih, atau tidak ramah, ya secara keseluruhan jadi lemah juga,” ujarnya.

Sumber: www.seputar-indonesia.com (21 November 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts