Setu Babakan Disiapkan untuk Wisata Budaya

Jakarta - Potensi Setu Babakan sebagai tempat rekreasi dinilai semakin menjanjikan. Pemerintah pun mulai melakukan penataan pemukiman dan pengembangan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) di setu yang terletak di Jakarta Selatan tersebut.

"Semua data yang didapat oleh para peneliti kami, nantinya bisa dibagikan ke pengembangan destinasi dan pemasaran," ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata Kemenbudpar, I Gde Pitana, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, kemarin (26/4).

Masyarakat sendiri, sudah menunggu lama adanya renovasi dan perbaikan kawasan tersebut, agar bisa dinikmati sebagai lokasi wisata budaya. "Sebagai daya tarik wisata di Jakarta, Setu Babakan perlu mendapatkan perhatian. Potensi wisata di Setu Babakan sangat tinggi," ujar Koordinator Penelitian Perencanaan Daya Tarik Wisata PBB Setu Babakan Puslitbang Pariwisata Kemenbudpar, Fatmawaty Malik, saat sosialisasi hasil penelitiannya.

Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa kawasan setu belum dikelola secara optimal. Makanya, diperlukan penataan yang serius. "Perlu ada penataan. Mulai dari pengelolaan pengunjung, infrastruktur pendukung, hingga SDM pariwisata," ujar Fatmawaty.

Setu Babakan adalah kawasan hunian yang memiliki nuansa Betawi yang kuat. Dari sisi budaya, seni pertunjukan, jajanan, busana, rutinitas keagamaan, maupun bentuk rumah Betawi. Dari perkampungan yang luasnya 289 hektare itu, 65 hektarenya adalah milik pemerintah, serta baru 32 hektare yang dikelola.

-

Arsip Blog

Recent Posts