Afrika Selatan Siap Benahi Loksado

Kandangan - Objek wisata Loksado di Hulu Sungai Selatan (HSS) dilirik investor Afrika Selatan PT Borneo Adventure Cruisesuntuk dikembangkan.

Kepala Bidang Pengembangan Investasi Badan Koordinasi Penanaman modal Daerah (BKPMD) Kalimantan Selatan, Tholib mengungkapkan, selain Loksado perusahaan itu juga siap membenahi objek wisata lain di Kalimantan Selatan, seperti wisata budaya Mappanretasi di Tanah Bumbu.

"Untuk mengembangkan pariwisata di Kalimantan Selatan perusahaan itu menyediakan dana 500 ribu dolar Amerika," katanya belum lama ini.

Menurutnya, merealisasikan rencana tersebut perusahaan telah mengajukan surat persetujuan penanaman modal asing (SP-PMA) pada 4 Juli 2007 lalu.

"Surat pengajuan tersebut, telah kami jawab beberapa waktu lalu dan telah kita kirim ulang. Intinya kita siap melakukan pembinaan," katanya.

Ketertarikan pihak Afrika Selatan untuk menanamkan modal di bidang pariwisata, karena mereka melihat Kalsel memiliki potensi wisata alam dan budaya yang sangat luar biasa untuk dikembangkan.

Dari keterangan yang didapat, tambahnya, wisata budaya Mapenretasi di Kabupaten Kotabaru misalnya, telah menjadi agenda tahunan yang disiarkan secara International, dan sangat banyak yang berminat, selain berbagai macam budaya suku asli atau Dayak Pegunungan Meratus.

Pihak investor melihat, potensi wisata Kalimantan Selatan selain bisa dijual secara International juga memiliki potensi besar untuk dijual secara regional maupun lokal.

"Selama ini Kalsel belum memiliki obyek wisata yang memadai, sebagaimana di daerah lain, sehingga banyak orang Kalsel yang memilih wisata ke Jawa maupun ke daerah lain. Tampaknya peluang tersebut menjadi salah satu pertimbangan pihak investor," katanya.

Menurut dia, pihaknya menaruh perhatian serius terhadap rencana investasi tersebut dengan membantu melakukan pendekatan dan kerja sama dengan pemerintah daerah masing-masing untuk bersama-sama mengembangkan potensi wisata tersebut.

Rencananya, selain membangun beberapa fasilitas wisata, pihak investor juga akan membuka kantor cabang atau travel di Kalimantan Selatan sebagai salah satu fasilitas yang akan diberikan kepada wisatawan.

Sumber: www.banjarmasinpost.co.id (28 September 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts