1.000 PNS Kemenkeu Berpotensi Pensiun Dini

Jakarta - Sekitar 1.000 Pegawai Negeri (PNS) di lingkungan Kementerian Keuangan berpotensi pensiun dini.

Sebagai langkah awal program pensiun dini, Kemenkeu membidik Ditjen Perbendaharaan sebagai pilot project. Sekjen Kemenkeu Mulia P Nasution mengungkapkan alasan Kemenkeu membidik direktorat tersebut untuk program pensiun dini. "Karena waktu dibentuk itu merger dari lima instansi, Anggaran, Badan Akuntansi Keuangan Negara, Informasi dan Teknologi, Lembaga Keuangan, Pemon (Pusat Manajemen Obligasi Negara). Waktu itu dimasukkan dari sana, sekarang kita lihat lagi petanya dan dikaji lagi," ujar Mulia di kantor Kemenkeu, Selasa (26/7).

Saat ini pihaknya tengah mengkaji jumlah PNS yang berpotensi untuk pensiun dini. Ia mengungkapkan, ada sekitar 1.000 pegawai yang berpotensi atas program tersebut.

"Lagi di exercise, dilihat dari ditjennya. Bisa 1000 lebih (PNS) tapi ini masih dikaji, bisa kurang bisa lebih," tuturnya.

Ia melanjutkan, Ditjen Pajak juga dibidik untuk program pensiun dini. "Selain itu yang banyak juga Pajak karena dilakukan modernisasi. Karena tiap moderninasi kan tidak bisa keluarkan staf sedangkan tuntutan sudah berbeda. Dulu kan (kita terima) untuk yang critical, sekarang kan BPHTB sudah tidak ada. Jadi banyak yang seperti itu," ujarnya.

Selain pensiun dini, sebagian pegawai Ditjen Pajak juga akan dipindahkan ke daerah sehubungan dengan adanya penarikan pajak yang dikembalikan ke daerah namun sebelumnya telah dibekali oleh keterampilan khusus. Hal ini untuk memperkuat kinerja daerah. "Misalnya, DKI minta staf PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Gak mungkin yang tak kompeten," ujarnya.

Sayangnya ia masih urung mengungkap berapa besar penghematan anggaran yang bisa dikantongi dari pensiun dini tersebut. "Dengan mereka keluar, tidak ada gaji bulanan tapi ada biaya SDM. Dalam jangka panjang iya (ada penghematan), tergantung seberapa banyak merekrut penggantinya," tandasnya.

Kemenkeu mengadaptasi mekanisme perbankan dalam menerapkan golden shake hand untuk program pensiun dini ini, di mana selain diberi pesangon PNS akan dibekali dengan keterampilan berwira usaha terlebih dahulu. [cms]

-

Arsip Blog

Recent Posts