Tahun Ini, Giliran Sail Wakatobi-Belitong

Jakarta - Jika 2009 adalah Sail Bunaken, 2010 adalah Sail Banda, maka untuk 2011 adalah Sail Wakatobi-Belitong. Acara yang diikuti yacht (kapal layar) ini mengambil tema "Clean Ocean for the Future."

"Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan Pemerintah Indonesia dalam rangka memperkenalkan kekayaan laut dan hasil laut Indonesia," ujar Sajan, Direktur Pengelolaan Media Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi, di Jakarta, Jum'at 29 Juli 2011.

Sajan mengemukakan, tujuan acara ini mencakup empat hal. Di antaranya adalah, pertama, menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, menjadikan Wakatobi dan Belitung sebagai destinasi (perjalanan) wisata nasional dan internasional. Ketiga, menciptakan the best sailing passage (jalur pelayaran terbaik—red), dan keempat, menjadikan potensi kelautan dan perikanan di Sulawesi Tenggara dan Bangka Belitung sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Rencananya, SWB 2011 akan mengambil beberapa kegiatan utama seperti operasi bhakti surya baskara jaya dan internasional civic mission, seminar nasional dan internasional, pameran UKM dan perikanan dan kelautan. Selanjutnya, Presiden SBY dijadwalkan akan menghadiri acara puncak kegiatan tersebut.

Peserta Rally Yacht dalam rangkaian kegiatan SWB 2011 akan dilepas (Flag Off) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad di Darwin Australia, pada minggu kedua bulan Juli tahun 2011. Minggu kedua bulan Agustus, para peserta Rally Yacht mulai berdatangan di pelabuhan Wanci, Wangiwangi, Wakatobi.

-

Arsip Blog

Recent Posts