Utusan Kesultanan Johor Puji Seni Budaya Sambas

Sambas, Kalbar - Ketua warisan (mengurusi seni budaya) Kesultanan Johor sekaligus guru besar University Of Malaya, Profesor Mohd Anis Md Nor, meminta Pemerintah Kabupaten Sambas untuk menjaga dan melestarikan budaya Sambas pada generasi berikutnya.

"Kita khawatir kalau tidak dilestarikan seni budaya termasuk Japin Lembut Sambas yang merupakan satu-satunya yang masih asli, akan hilang dan tidak ada generasi yang mengetahuinya," ujar Anis kepada Tribunpontianak.co.id, Senin (25/7).

Dia mengatakan, dirinya sangat tertarik dengan seni dan kebudayaan Sambas. "Saya sudah berkeliling se nusantara, termasuk Brunei Darussalam, namun tarian-tarian khas Sambas termasuk Japin Lembut masih asli, sedangkan di Brunei sudah ada penambahan, jadi tidak asli lagi seperti tarian di Sambas," katanya.

"Orangtua di sini masih bisa membawakan tarian Japin Lembut dengan hentakan tepat dan halus sekali, saat ini saya masih melihat dari kalangan putri saja sedangkan putranya tidak ada, kalau dibiarkan tidak ada lagi regenarsi seni budaya," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts