Penyair dari Lima Benua Berpuisi di Surabaya

Surabaya, Jatim - Puluhan penyair dari lima benua akan membaca puisi dalam perhelatan akbar bertajuk "Forum Penyair Internasional Indonesia 2012", di sejumlah lokasi di Surabaya pada 10-12 April.

"Kehadiran seniman, budayawan, dan penyair dalam forum internasional itu akan mengangkat citra Surabaya sebagai kota internasional, sekaligus mengobati kerinduan warga kota akan kegiatan sastra berskala dunia," kata Hengky penggagas acara, Hengky Kurniadi, di Surabaya, Sabtu.

Perhelatan ini digelar di empat kota di Indonesia yakni Magelang pada 1-3 April, Pekalongan pada 4-6 April, Malang pada 7-9 April, dan Surabaya pada 10-12 April. Surabaya mendapat kehormatan dengan menjadi tuan rumah dari puncak acara tersebut, katanya.

Forum serupa sebelumnya diselenggarakan di Indonesia pada 2002 di Bandung, Solo, dan Makassar.

Ia menjelaskan 17 penyair asing akan ikut dalam Forum Penyair Indonesia 2012, sedangkan penyair Indonesia 26 orang.

Penyair asing itu antara lain Charl-Pierre Naude (Afrika Selatan), Hagar Peeters (Belanda), Sarah Holland-Batt (Australia), Martin Glaz Serup (Denmark), Gerdur Kristny (Irlandia), Arne Rautenberg (Jerman), Sujata Bhatt (India/AS/Jerman), Nikola Madzirov (Macedonia), Courtney Sina Meredith (Selandia Baru), Bengt Berg (Swedia), dan Chirikure Chirikure (Zimbabwe).

Penyair Indonesia antara lain Akhudiat, Anis Sayidah, Arie MP Tamba, A Mustofa Bisri (Gus Mus), Aslan Abidin, Diah Hadaning, Fikar W Eda, Gracia Asri, Hamdy Salad, Hasta Indriyana, John Waromi, F Azis Manna, Ribut Wijoto, D Zawawi Imron.

-

Arsip Blog

Recent Posts