Angkat Budaya dan Marwah, Persatuan Orang Melayu Kalbar Akan Gelar Deklarasi

Pontianak, Kalbar - Berangkat dari keinginan untuk mengembangkan seni budaya melayu di Kalimantan Barat, Organisasi yang dimotori para kaum muda Melayu yang didalamnya melibatkan sejumlah remaja dan pemuda akan segera melakukan deklarasi terbentuknya organisasi Melayu di Kalbar yang menamai diri Persatuan Orang Melayu (POM) Kalbar.

Ketua POM Kalbar, Agus Setiadi mengatakan Organisasi POM ini didirikan oleh Persatuan Mahasiswa Melayu Kalbar (PMM) awal tahun 2017, dimana anggotanya sebagian adalah para alumni dari berbagai perguruan tinggi di Kalbar dan di jawa.

"PMM sendiri berdiri tahun 2012, sempat vakum beberapa tahun karena kesibukan pengurus yang skripsi dan kerja/usaha," ungkap Agus.

Baca: Upacara Adat Melayu Sambut Kedatangan Kapolri di Mapolda Kalbar

Menurutnya Persatuan Orang Melayu Kalbar (POM) ini merupakan organisasi yang menghimpun Orang Melayu dari semua kalangan, usia, gender dan strata.

Tujuan misinya adalah untuk mengangkat dan melestarikan Budaye Melayu di Kalbar serta memperjuangkan Marwah Melayu sekaligus sebagai Benteng Islam di Kalbar.

POM bersifat Independen, Sosial, Religius dan Idealis dalam Memperjuangkan Marwah melayu di Kalbar. POM tidak berada di bawah organisasi manapun dan tokoh manapun.

"Karena itu POM akan hidup dari sumbangan sukarela Orang Melayu dan Tidak Boleh Didanai secara Perorangan baik oleh tokoh/Pejabat/Politisi/Pengusaha Melayu manapun," tegasnya.

Menurutnya hal tersebut dilakukan agar organisasi ini tetap terjaga Idealisme nya dan Bebas Bersikap Tegas serta Berkreasi.

Ia menambahkan sekalipun POM menjadi Organisasi Miskin tapi yang Terpenting Masyarakat Melayu akan merasa memiliki dan mencintai Organisasi ini sampai kapan pun! Amin Ya Allah.

Saat ini POM yang akan mendeklarasikan organisasinya dan sudah membentuk kepengurusan bahkan sudah memiliki hampir seribu lebih yang mendaftar menjadi anggota POM dan bahkan dari orag Melayu yg berkiprah dan bekerja di luar Kalbar dan luar negeri seperti Malaysia dan Brunei.

"Dalam waktu dekat kita akan mengadakan deklarasi sederhana spt syukuran atas berdirinya POM," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts