Festival Sriwijaya 2015 Usung Kebesaran Kerajaan Sriwijaya

Palembang, Sumsel - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) kembali menggelar Festival Sriwijaya 2015 yang akan diselenggarakan 11 – 14 Juni 2015.

“Hari ini launching Festival Sriwijaya ke-23 sudah dilakukan Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata,” kata Irene Camelyn Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata Sumsel, Rabu (3/6).

Pada peluncuran Festival Sriwijaya 2015, Gubernur Alex Noerdin mengatakan, “Provinsi Sumatera Selatan berusaha mengikuti trend industri dewasa ini mulai bergeser. Dewasa ini para pebisnis mulai melihat pergerakan yang mengarah pada cultural industry atau industri kebudayaan. Kondisi tersebut tak hanya disadari oleh para pebisnis atau CEO, daerah pun paham betul kemana angin bisnis berhembus.”

Menurut Alex Noerdin, Festival Sriwijaya kali ini ingin memanfaatkan angin itu sebagai potensi untuk mengembangkan Provinsi Sumatera Selatan. “Kita sadar dengan kekurangan Sumatera Selatan, namun kita berusaha lebih peka lagi terhadap kekayaan kebudayaan daerah. Unsur itulah yang ingin ditunjukkan pada Festival Sriwijaya ke-23,” ujarnya.

Gubernur Sumsel mengingatkan, “Daerah kalau tidak dengan usaha yang luar biasa, sulit bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Festival Sriwijaya tidak hanya untuk meningkatkan pendapatan daerah, festival ini adalah bukti konkrit dari semangat Sumatera Selatan menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggali mutiara-mutiara kebudayaan di zaman kerajaan Sriwijaya untuk dipertontonkan kepada dunia.”

Alex Noerdin mengatakan, “Festival Sriwijaya tidak sekedar mengagung-agungkan kejayaan masa lalu. Acara ini merupakan wisata budaya berformat festival untuk membangkitkan ingatan masyarakat dunia tentang kebesaran Kerajaan Sriwijaya. Mustahil jika wisatawan mancanegara yang menggandrungi sejarah, melupakan kerajaan besar yang wilayahnya membentang dari Filipina sampai ke Madagaskar, melebihi luas wilayah Indonesia saat ini.”

Menurut Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata Irene Camelyn, “Festival Sriwijaya ke 23 akan digelar di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Palembang.”

Irene Camelyn menjelaskan, untuk mengundang kehadiran wisatawan mancanegara khususnya pencinta kebudayaan. “Promosi Festival Sriwijaya sudah dijalankan dengan menyasar kelompok-kelompok tertentu. Kita juga membuka penerbangan langsung bagi wisatawan dari Malaysia dan Singapura.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign