Dua Tugu Melayu Dibangun dengan Rp 2,8 M

Pekanbaru, Riau - Pembangunan Tugu Kemilau Songket Terpanjang Melayu Pekanbaru, dan Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan, menghabiskan dana Rp 2,8 miliar lebih APBD Pekanbaru tahun 2011. Kedua tugu ini mulai dibangun bulan April dan selesai dalam waktu 90 hari.

Ketua Pelaksana pembangunan kedua tugu, Dedi Gusriandi kepada Tribun menyebutkan, Tugu Kemilau Songket Terpanjang Melayu Pekanbaru menghabiskan dana Rp 1,2 miliar. Diameter 30 meter, tinggi 13,65, dilengkapi tiang pancang, teknologi laser, dan cat metal.

"Sedangkan Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan menghabiskan dana Rp 1,6. Ukuran tugu 42 x 24 meter, tingginya 2,5 meter dari kolam. Dibuat dengan resin poliretan di Bandung dan dibawa ke Pekanbaru dengan kontainer," ungkap Dedi.

Tokoh masyarakat Pekanbaru, Tenas Effendi kepada Tribun menyebutkan, songket tidak saja terdapat di Pekanbaru, namun juga ada di Sumbar, Medan, malahan di Brunei Darussalam, Sabak dan India. Akan tetapi, berbeda nama dan memiliki ciri khas tersendiri.

"Ini bisa dijadikan pelajaran bagi anak-anak dengan menjelaskan makna yang terkandung di dalamnya, sehingga tugu ini tidak dipandang benda mati oleh mereka, tapi ada yang hidup di dalamnya," ungkap Tenas. (nol)

Sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com
Foto: http://www.riaupos.co.id
-

Arsip Blog

Recent Posts