Kontes Desain Batik Khas Lamongan

Lamongan, Jatim - Sebanyak 99 desain batik tulis khas Lamongan, Rabu (3/4) dinilai Tim Juri Lomba Desain Batik Khas Lamongan di Kantor PKK setempat.

Penjurian itu dilakukan untuk memilih satu desain batik yang benar-benar khas Lamongan dan mengandung tingkat orisinalitas yang tinggi.

Tim juri, yakni Ketua Komunitas Batik Jatim (Kibas) Lintu Tulistyantoro, Fera Ridyaningrum dan Ketua TPPKK Lamongan Mahdumah Fadeli selama lebih dari dua jam terlibat dalam diskusi kecil untuk memilih batik dengan lokalitas tinggi. Ke-99 desain batik itu disortir beberapa kali.

“Desain harus benar-benar baru, tidak meniru pakem batik tulis yang sudah ada. Dan yang paling penting harus sangat khas Lamongan,“ ujar Mahdumah Fadeli yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lamongan tersebut.

Kegaiatan lomba desain batik itu rutin digelar Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) untuk mengenalkan batik khas Lamongan yang memiliki kekhasan tersendiri. Sehingga bisa eksis sebagaimana desain batik daerah lain

Tahun lalu, kegiatan serupa diikuti 88 desain batik yang memunculkan desain batik Gendang Ceplik Bandeng Lele karya Solikhah dari Desa Sendangduwur Kecamatan Paciran sebagai pemenang.

-

Arsip Blog

Recent Posts