Sail Indonesia 2007

Tanjungpandan – Sebanyak 127 kapal layar modern dan canggih dari 26 negara di dunia bakal datang secara bertahap ke Pantai Tanjungkelayang Desa Keciput Kecamatan Sijuk, dimulai tanggal 14 hingga 16 Oktober 2007 mendatang.

Kedatangan ratusan kapal layar asing ini untuk menghadiri acara kegiatan Sail Indonesia tahun 2007, sekaligus peringatan lima Dasawarsa Deklarasi Juanda yang menegaskan Negara Indonesia sebagai salahsatu wilayah negara kepulauan yang ada di dunia.

Puncak peringatan deklarasi itu memang dipusatkan di Pulau Belitung. Kemungkinan besar acara peringatan ini akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, Menteri Pariwisata Jero Wacik dan tamu undangan lainnya.

“Sebelum dinamakan Sail Indonesia kegiatan cinta bahari ini sudah berganti nama sebanyak dua kali. Pertama pada tahun 1997 dengan nama Darwin Ambon Race (DAR), dengan sponsor utama TNI Angkatan Laut. Saat itu peserta hanya berjumlah 18 kapal layar saja. Kemudian tahun 1998, berganti nama menjadi Darwin Ambon Rally (DARY). Pada kegiatan ini sudah mengarah pada olahraga, kesenangan, hobi dan wisata,” jelas Ketua Bidang Pengembangan Yayasan Cinta Bahari Indonesia (YCBI) Aryoko Subagyo, Rabu (22/8) di Kantor Bupati Belitung.

Ia mengatakan penyelenggaraan kegiatan bahari dengan nama Sail Indonesia sudah berjalan lima tahun hingga sekarang ini.

Selama ini, kegiatan ini sudah mendapat respon positif dari berbagai negara di dunia. Indikasinya, YCBI selaku penyelenggara kegiatan sail ini, sempat kewalahan akibat banyaknya pelayar asal berbagai negara yang berminat mendaftarkan diri untuk mengikuti acara ini.

Bila tidak dibatasi, jelas Aryoko, sebanyak 280 kapal layar dari puluhan negara di dunia sudah mendaftarkan diri kepada pihaknya. Namun karena keterbatasan waktu dan situasi, pihaknya hanya menerima pendaftaran 127 kapal layar dari 26 negara, yaitu berasal dari Australia, New Zealand, Jepang, Belanda dan lainnya.

Aryoko mengatakan kegiatan Sail Indonesia tahun 2007 ini merupakan kegiatan rally kapal layar terbesar di kawasan benua Asia. Khusus Kabupaten Belitung, ini merupakan daerah yang cukup beruntung karena baru mendaftar sudah langsung menjadi daerah singgah rute Sail Indonesia ini.

Sebagai tempat singgah, kata Aryoko, akan memberikan dampak positif terutama segi ekonomi, pariwisata dan lainnya, karena Belitung akan didatangi oleh ratusan kapal layar dan turis dari mancanegara.

Aryoko menambahkan, acara ini merupakan even kegiatan internasional dan sudah ditetapkan sebagai agenda dunia yang dilaksanakan dalam setiap tahun.

Kegiatan ini menjangkau 10 destinasi di nusantara, sehingga dapat membuka wawasan pesisir dan pulau kecil, serta dapat memotivasi pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi wisata.

“Rute yang akan ditempuh dalam Sail Indonesia 2007 ini meliputi Pelabuhan Marina Darwin, Kupang, Alor, Lembata, Maumere, Ende, Labuan Bajo, Makassar, Bali, Kumay dan Pantai Tanjungkelayang Kabupaten Belitung,” jelas Aryoko.

Persiapan
Terpisah, Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung Suharyanto BA mengatakan Bupati Belitung telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 188.45 tahun 2007 tentang penetapan panitia pelaksana Sail Indonesia tahun 2007.

Beberapa waktu lalu, jelasnya, bupati telah melakukan peninjauan langsung ke lapangan agar dapat mengetahui kesiapan penyelenggaraan kegiatan sail itu, terutama penetapan lokasi yang akan dijadikan pusat acara.

Untuk persiapan, sejumlah cottage yang ada di kawasan Pantai Tanjungkelayang akan diperbaiki untuk menjadi tempat peristirahatan yang layak. Pemkab juga akan membangun sejumlah tarub sebagai tempat berteduh, sarana komunikasi dan informasi, pusat pertemuan, dan lainnya.

Puncak acara akan digelar acara penyambutan yang dimeriahkan dengan pertunjukan musik dan seni, pameran kerajinan, pasar rakyat, dan lainnya.

“Untuk masalah dana, kita belum tahu besar dan kebutuhannya. Sebab saat ini sedang dalam pembahasan antara pihak eksekutif dan legislatif. Semua itu akan dialokasikan dalam anggaran perubahan APBD Kabupaten Belitung tahun 2007,” kata Toto.

Sumber: www.bangkapos.com (25 Agustus 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts