Gatot Buka Lomba Pantun dengan Pantun

Medan, Sumut - Pelaksana Tugas (Plt) Gubsu, Gatot Pujo Nugroho membuka lomba pantun dengan dua pantun, di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (27/3). Adapun pantuk Gatot," Santun Tidak Sembarang Santun, Pakai Kain Serat Hais, Lomba Pantun Tak Sembarang Pantun, Lomba Dalam Rangka Mukernas PKS.

Awak Ikan Dibalut Katun, Katun Bercorak Daun Kayu, Dengan Melestarikan berbalas pantun, Kita Junjung Budaya Melayu.

Dua pantun tersebut sekaligus membuka lomba berbalas pantun dalam rangka Mukernas PKS 2012. Seluruh perserta dan pengunjung yang menyaksikan "orang nomor satu" di Sumatera Utara ini berpantun langsung memberikan tepuk tangan dan menggemakan teriakan Allahuakbar.

Bahkan ada sejumlah pengunjung yang menyebut Plt Gubsu dengan sebutan raja saat disambut tokoh-tokoh Melayu dengan lantunan lagu Melayu dan dikawal oleh penjaga yang membawa dua payung berwarna kuning sebagai simbol penyambutan para raja. "Hidup tuanku raja, Hidup Pak Gatot, semoga Bapak tetap memimpin Sumut," teriak pengujung yang berdesakan menghampiri dan melihat langsung dari dekat.

Dalam sambutannya, Gatot mengucapkan terimak kasih kepada Panitia Mukernas PKS 2012 atas terselenggaranya berbagai acara, termasuk Lomba Berbalas Pantun ini. Menurut Gatot, pantun merupakan salah satu bentuk budaya yang turun-temurun dari suku Melayu dalam mengungkapkan sesuatu kepada orang.

"Seperti Kita ketahui, Sumut terdiri dari delapan etnis asli besar. Nah, banyak kearifan yang ada di berbagai etnis ini, salah satunya adalah kearifan dari suku Melayu yakni Pantun," ujarnya.

Utarakan maksud

Gatot juga menjelaskan, bahwa sejak zaman kerajaan dahulu, pantun sudah ada untuk mengutarakan maksud hati dan ungkapan hati seseorang yang tersusun dalam bait-bait dan kalimat. "Untaian kata-kta dirajut sedemikian rupa sehingga terdengar enak di telinga," katanya.

Usai membuka secara resmi lomba berbalas pantun, Gatot langsung diserbu para kader dan masyarakat umum untuk bersalaman. Bahkan, tak henti-hentinya meminta untuk berfoto bersama. Tampak dengan wajah tersenyum dan ramah Gatot tetap memenuhi permintaan para kader PKS dan pengunjung tersebut.

Semetara itu, Ketua Panitia Lomba Balas Pantun, Bang Yus mengatakan bahwa peserta yang mendaftar untuk berbalas pantun sebanyak 30 grup yang masing-masing grup terdiri dari 3 orang. Ke- 30 grup yang telah terdaftar akan menunjukkan kebolehannya dalam berpantung dan diberi waktu oleh panitia selama lebih kurang 15 menit. Adapun juri yang akan menilai kemampuan mereka adalah T Ismail, Aslim Rapina dan Ali. "Sedangkan MC-nya adalah Hidayat Alamsyah, peserta akan bertanding berbalas pantung dengan tema Mukernas PKS," katanya.

Ketua Tim Juri, T Ismail Manan mengungkapkan, penilaian terhadap peserta yakni dengan katagori kemampuan peserta dalam penguasaan materi, kecepatan serta adap atau sopan santun. "Selain itu juga kita nilai busana budayanya," ujarnya

-

Arsip Blog

Recent Posts