Pameran Lukisan Batik Digelar di Kuwait

Kairo, Mesir - Dua ahli pelukisan batik Indonesia dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) terpilih untuk memamerkan lukisan batik dalam pameran kreasi seni, Art and Creativity 2012 di Kuwait.

Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ, Citra Smara Dewi dan Wakil Dekan III Fakultas Seni Rupa IKJ), Lucky Wijayanti, dipilih oleh lembaga Emir Kuwait setelah proses pemilihan dari beberapa lembaga seni di Indonesia sejak Februari lalu, kata siaran pers KBRI Kuwait, Minggu (18/3).

Disebutkan, sebanyak 25 seniman dari berbagai negara, antara lain Amerika Serikat, China, Oman, Turki dan Indonesia, di samping kalangan seniman setempat, menggelar karya-karya seni mereka dari tanggal 15-17 Maret 2012. Dalam hal ini Indonesia terpilih untuk menggelar hasil budaya Indonesia berupa lukisan Batik, katanya.

Pameran seni dan budaya tersebut diprakarsai yayasan "Al Sabah Al Salem for Giftedness and Creativity Foundation (SACGC)" yang didirikan oleh Emir (Kepala Negara) Kuwait, Al Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah.

Kriteria yang ditampilkan dari pameran ini adalah hasil-hasil seni budaya yang dianggap memiliki keunikan dalam proses pembuatannya.

Duta Besar RI untuk Kuwait, Ferry Adamhar, didampingi Eva Adamhar hadir dalam acara pembukaan pameran yang diadakan di Avenue Mall, mal terbesar di negeri Teluk kaya minyak itu. Dubes Ferry mengatakan, dengan terpilihnya lukisan batik untuk dipamerkan di lembaga seni Emir Kuwait ini menunjukkan bahwa batik semakin dikenal di wilayah Timur Tengah, khususnya Kuwait. "Tentu saja, pameran ini sejalan dengan visi dan misi dari KBRI Kuwait untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada masyarakat setempat dan dunia sebagai upaya meningkatkan citra Indonesia di luar negeri," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts