Konser "Semerbak Khatulistiwa" Meriahkan HUT ke-55 Pemprov Kalbar

Pontianak, Kalbar - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Minggu malam, menggelar konser "Semerbak Khatulistiwa" dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-55 Pemprov Kalbar di halaman Istana Rakyat provinsi itu.

Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya dalam sambutannya pada pembukaan gelar konser "Semerbak Khatulistiwa" mengatakan, walaupun hujan mengguyur tempat itu, perayaan puncak HUT Ke-55 Pemprov Kalbar cukup meriah dengan antusiasnya masyarakat untuk hadir menyaksikan konser ini.

"Selamat HUT Ke-55 Pemprov Kalbar, semoga ke depannya semakin sukses," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pemprov setempat mengemas gelar konser malam ini dengan "Semerbak Khatulistiwa" sambil menampilkan kilas balik pembangunan di Kalbar lima tahun terakhir yang disiarkan langsung oleh Stasiun TVRI Kalbar.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kalbar Yusril Zainuddin yang juga sekaligus koordinator "Semerbak Khatulistiwa" menyatakan, konser musik tersebut digelar sebagai sarana perekat sosial baru masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa refleksi perjalanan Pemprov Kalbar dalam kegiatan yang sama pernah dilakukan tahun 2007. Dengan demikian, menurut dia, momentum lima tahunan merupakan waktu tepat untuk memperbarui pesan.

"Kami sampaikan pesan itu dengan cara modern dan bahasa kini sambil memberikan hiburan dan sarana rekreasi yang positif pada seluruh masyarakat," katanya.

Ia mengatakan bahwa Pemprov Kalbar telah bekerja keras untuk rakyat dan meletakkan fondasi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalbar pada masa depan.

Dijelaskan Yusril, dalam Semerbak Khatulistiwa itu juga digelar, visualisasi hasil pembangunan Kalbar selama lima tahun terakhir "3D visual mapping show", pegelaran kesenian tradisional, dan pesta kembang api.

Yusril menegaskan dalam kegiatan tersebut tidak ada muatan politis. "Ini hanya momen Pemprov Kalbar untuk kembali mengulang pesan-pesan pembangunan yang selama ini sudah tersosialisasi dengan baik," katanya.

Konser "Semerbak Khatulistiwa" dibuka dengan tarian tiga etnis dari Dayak, Melayu dan Tionghoa, kemudian juga dihibur oleh sejumlah group band, di antaranya Tiga Macan, Winner, Gugun Blues Shelter, Armada, dan Sidepony.

-

Arsip Blog

Recent Posts