Samarinda Giatkan Festival Sungai

Samarinda, Kaltim - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan menggiatkan festival sungai dalam upaya menggali berbagai potensi daerah itu.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kota Samarinda Erham Yusuf, Selasa (28/2), menyatakan sungai menjadi salah satu identitas kota yang dibelah oleh Sungai Mahakam tersebut.

"Setiap tahun Pemerintah Kota Samarinda menggelar kegiatan Festival Mahakam dalam upaya melestarikan berbagai warisan budaya di kota ini serta memperkenalkan Sungai Mahakam sebagai upaya menggenjot sektor pariwisata," tutur Erham.

Selain Festival Mahakam yang digelar pada Oktober hingga November setiap tahun, katanya, juga akan dilaksanakan Festival Sungai Karang Mumus. "Pada 10-11 Maret 2012 nanti akan dilaksanakan Festival Sungai Karang Mumus. Festival yang digagas Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Samarinda bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Samarinda Ilir ini akan menampilkan berbagai lomba budaya, termasuk olah raga," katanya.

Menurutnya, Sungai Karang Mumus merupakan bagian dari sejarah Kota Samarinda yang tidak bisa dilupakan. Oleh karena itu, festival tersebut merupakan upaya pelestarian budaya yang biasa dilakukan masyarakat di bantaran Sungai Karang Mumus di masa lalu. Festival Karang Mumus juga diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan keindahan sungai yang membelah Kota Samarinda.

-

Arsip Blog

Recent Posts