RI-Malaysia Pererat Hubungan Lewat Budaya

Depok, Jabar – Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, Dato' Seri Utama Rais Yatim berjanji, akan mempererat hubungan antara Indonesia dengan Malaysia melalui jalur budaya.

Dia mengakui, hubungan antara Indonesia dan Malaysia beberapa kali sempat bersitegang karena perbedaan pendapat terhadap suatu permasalahan, untuk itu diperlukan pendekatan budaya.

"Kita akan pererat hubungan antara rakyat dengan rakyat melalui seni budaya. Sebagai negara serumpun tentunya kita saling memahami satu dengan yang lainnya," kata Dato' Seri Utama Dr Rais Yatim usai memberikan kuliah umum di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (UI) Depok, Kamis (8/3/2012).

Rais menilai, pendekatan melalui kebudayaan yang lengkap akan lebih mudah diterima oleh kedua warga negara tersebut. Menurut dia, generasi pendahulu dari kedua negara mempunyai hubungan yang sangat baik, namun generasi saat ini memiliki banyak perbedaan pendapat.

"Generasi sekarang mulai kehilangan keintiman, untuk itu perlu dilakukan pertemuan antarwarga negara," ujarnya.

Untuk itu, dia berharap rakyat kedua negara memupuk semangat budaya dengan melakukan sentuhan yang terus menerus bukan hanya sekali atau dua kali dalam setahun. "Kita akan lakukan terus menerus agar bisa saling memahami," katanya.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri. Antusiasme mahasiswa juga begitu besar, terlihat dari penuhnya ruangan auditorium FIB UI. Dekan FIB UI Bambang Wibarata pun menjadi moderator dalam acara tersebut.

-

Arsip Blog

Recent Posts