Adat Istiadat Melayu Tergerus Westernisasi

Siak Sri Indrapura, Riau - Gubernur Riau H. Annas Maamun meminta pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) untuk memberikan pendidikan adat dan budaya kepada generasi muda. Sebab, saat ini kepribadian manusia melayu semakin tergerus westernisasi.

"Dulu, kalau ayah sedang kedatangan tamu di depan (rumah), kami tak sanggup lewat. Kalau sekarang, jangankan lewat, kepalo ayah dipegang dari belakang," ungkap Annas Maamun di Gedung LAM Riau Kabupaten Siak, Kamis (6/3/2014).

Menurut Annas Maamun, itu hanya salah satu contoh kondisi anak-anak zaman sekarang. Masih banyak lagi perilaku negatif yang ditunjukkan remaja.

"Untuk itu, anak-anak sekarang harus diajarkan adat dan agama yang benar. Ini salah satu tugas dari LAM," kata Gubernur.

Sementara itu, Gubernur Riau mengaku sudah meminta pengurus LAM Riau untuk mengadakan pelatihan tentang adat istiadat melayu. Pelatihan itu diperuntukkan untuk pengurus LAM se-Riau. "Sehingga, adat sebetul adat melayu itu benar-benar. Bukan sembarangan," kata Annas.

"Tapi, kalau ada pelatihan, jangan latih-latih yang lain. Ini tidak, maaf ye, kadang mereka (pengurus LAM) sampai-sampai ngomongin korupsi Bupati. Macam dio tak korupsi ajo," lanjut Annas sambil tertawa.

-

Arsip Blog

Recent Posts