Pagelaran Seni dan Budaya di Sekolah

Tanah Datar, Sumbar - Lembaga pendidikan, khususnya sekolah, memiliki peranan penting untuk melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional daerah. Peranan lembaga sekolah tersebut dinilai sangat strategis karena pewaris seni dan budaya tersebut masih berusia muda. Di pundak mereka tertumpang harapan untuk melestarikan seni dan budaya hasil karya pendahulu kita. Inilah salah satu landasan diadakannya pagelaran seni dan budaya di sekolah.

Seni dan budaya tradisional asli daerah tidak akan lenyap ditelan oleh gegap gempitanya seni dan budaya milik bangsa asing. Anak-anak bangsa akan meresapi lekuk-lekuk nilai yang tersimpan dalam kesenian dan kebudayaan daerah yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, SMP Negeri 4 Lintau Buo, salah satu sekolah di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, telah mengadakan acara pagelaran seni dan budaya sehari penuh, 12 maret 2014. Acara serupa telah diadakan setiap tahun menjelang ujian nasional ( UN ). Tujuan pagelaran seni dan budaya antara lain sebagai langkah untuk menerapkan teori pada mata pelajaran seni dan budaya sekaligus sebagai penilaian dalam ujian praktik UN 013-2014 mata pelajaran Seni dan Budaya

Selain itu, acara ini juga merupakan ajang ekspresi hasil karya seni dan budaya tradisional Minangkabau, seperti lagu dan tarian daerah, randai, drama Minangkabau, dan lain-lain. Melibatkan para pelajar secara langsung dalam berbagai acara seni dan budaya tradisional ini berujung pada tujuan meningkatkan apresiasi siswa terhadap hasil karya seni dan budaya daerah.

Diharapkan pagelaran seni dan budaya ini dapat juga dilakukan oleh semua sekolah sehingga kesenian dan kebudayaan daerah tetap lestari dan menjadi milik bangsa Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts