Kapal Pesiar dengan 2.000 Penumpang Masuki NTB

Mataram - Kapal pesiar Rhapsody Of The Sea-Royal Caribean membawa sekitar 2.000 penumpang, Selasa sekitar pukul 06.00 Wita, tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setelah beristirahat sekitar satu jam, para penumpang kapal pesiar yang sebagian besar berasal dari Australia turun dari kapal dan disambut Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Tjok Suthendra Rai ditandai dengan pengalungan bunga kepada salah seorang wisatawan.

Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Abdul Haris yang ikut menyambut kedatangan wisatawan asing tersebut mengatakan, para tamu dari mancanegara itu akan berada di Lombok selama sehari.

Rombangan terbagi tiga yakni satu rombongan meninjau berbagai objek wisata di Lombok Tengah dan yang lainnya ke Lombok Barat bagian utara melihat air terjun Singgang Gila dan ke objek wisata internasional Pantai Senggigi.

Dia menjelaskan, minat wisatawan berkunjung ke NTB karena daerah itu merupakan kawasan wisata yang mudah dan murah untuk dijangkau, karena berada pada posisi strategis seperti Bali di sebelah barat, Pulau Komodo di sebelah timur, dan Tanah Toraja di sebelah utara.

NTB tidak hanya mendapat limpahan wisatawan dari ketiga daerah tujuan wisata tersebut, namun lebih penting NTB memang memiliki potensi dan daya tarik tersendiri seperti keanekaragaman budaya dan kerajinan.

Saat ini NTB sedang mengembangkan sebanyak 15 kawasan pariwisata potensial yakni sembilan di Pulau Lombok dan enam di Pulau Sumbawa.

Dari 15 kawasan tersebut yang telah berkembang kawasan Sire, Gili Air, Gili Meno, Terawangan, kawasan Pantai Aan, Seger dan Pulau Moyo.

"Kawasan itu memiliki corak khas yakni panorama pantai yang indah dan alami dengan hamparan pasir putih seperti butiran merica yang jarang ditemukan di tempat lain serta laut yang bersih," katanya.

Sementara jumlah tamu yang berkunjung sekaligus menginap selama September 2007 tercatat 12.832 orang terdiri atas tamu dalam negeri 8.903 orang dan luar negeri 3.929 orang.

Sumber: Media Indonesia (4 Desember 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts