Presiden Akan Buka Silatnas ke II Raja dan Sultan

Bandung, Jabar - Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Se-Nusantara 2011 direncanakan akan diseelnggarakan di Gedung Merdeka Kota Bandung pada 25-26 Juni mendatang. Rencana Silatnas ke II Raja dan Sultan Se-Nusantara akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut akan membahas sejumlah isu penting menyangkut keberadaan dan peran Raja serta Sultan dalam interaksi berbangsa termasuk soal keistimewaan.

"Dipastikan sebanyak 220 raja dan sultan serta 80 permesuri akan hadir dari sekitar 300 raja dan sultan yang ada. Secara keseluruhan ada 500 undangan dalam kegiatan ini," ujar Ketua BP SilatnasII , Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, dalam paparannya pada persiapan Silatnas II Raja dan Sultan Se-Nusantara 2011, bertempat di ruang rapat lantai tiga, kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Jalan L.LR.E. Martadinata 209 Bandung, Rabu (13/4).

Dikatakan Pangeran Arief, dalam Silatnas II yang akan diselenggarakan di Bandung nanti, sejumlah agenda pembahasan itu lebih ditujukan mengupas persoalan yang selama ini dianggap keraton dan kesultanan membutuhkan sebuah kejelasan. Diantaranya, perlunya UU Adat untuk mengatur hak ulayat guna mendapatkan penyelesaian yang memadai, terutama saat bersinggungan dengan kepentingan besar.

Kemudian peran keraton dalam UU Pemda yang merasa belum diakomodir. Dalam perundangan, tugas membina kebudayaan baru sebatas menempatkan kepala daerah.

Selain itu, Silatnas II juga bakal menyinggung soal keistimewaan dalam kaitan dengan dinamika perkembangan di sekitarnya.

"Persoalan itu akan dibahas lengkap dalam silaturahmi tersebut," ujar Pangeran Arief, yang berharap dalam pelaksanaan Silatnas II nanti terwujud kesepahaman yang kembali memunculkan peranserta dan eksistensi kerajaan dan kesultanan dalam menggerakan roda pembangunan negara.

-

Arsip Blog

Recent Posts