Usulan RI Lakukan Promosi Bersama Pariwisata ASEAN Disetujui

Bangkok - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik mengatakan, usulan Indonesia untuk melakukan promosi bersama (joint promotion) pariwisata ASEAN telah disetujui oleh 10 negara anggota ASEAN dalam pertemuan di ASEAN Tourism Forum (ATF) yang berlangsung di Bangkok Thailand pada 18-22 Januari 2008.

"Dalam pertemuan tingkat menteri pariwisata di ATF Bangkok, kita mengusulkan agar 10 negara anggota ASEAN melakukan promosis bersama dengan membuat inflight magazine maupun VCD, bekerja sama dengan Japan Center telah mendapat persetujuan. Ini sangat membantu Indonesia dalam mempromosikan potensi pariwisata kita ke mancanegara," kata Menbudpar Jero Wacik seusai menyaksikan penyerahan hadiah serta launching lomba foto bawah laut tahun 2008 oleh Freddy Numberi, Menteri Kelautan dan Perikanan di gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (25/1).

Dikatakan, dengan joint promotion itu selain makin menguatkan rasa semangat kebersamaan ASEAN, juga akan mendukung upaya bersama menjadikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi pariwisata (single destination).

Menurut Menbudpar Jero Wacik, di tengah keterbatasan dana yang dimiliki pemerintah (Depbudpar) berbagai upaya harus dilakukan pemerintah bersama para stakeholder dalam melakukan promosi pariwisata di dalam dan luar negeri. "Joint promotion yang kita tawarkan ini merupakan cara bagaimana mengatasi keterbatasan dana yang kita miliki," katanya.

Dalam pertemuan ATF Bangkok tersebut tiga menteri pariwisata; Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang tergabung dalam wilayah segitiga pertumbuhan (IMT-GT) sepakat untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan dari ketiga negara tersebut melalui pembukaan jalur penerbangan baru antara lain Banda Aceh-Penang, Langkawi-Phuket, serta Medan/Padang-Hat Yai, Thailand.

Dalam pertemuan itu ketiga menteri pariwisata sepakat untuk melakukan berbagai upaya dalam mendorong pertumbuhan pariwisata di ketiga kawasan pertumbuhan (IMT-GT) antara lain dengan menyelenggarakan event pariwisata, yang tahun ini bersamaan dimulainya kampanye `Visit IMT-GT Years 2008-2009` .

Menbudpar Jero Wacik yang memimpin delegasi Indonesia pada ATF di Bangkok menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pariwisata ASEAN ke-11, Pertemuan ke-7 Menteri Pariwisata ASEAN Plus Three, dan Pertemuan ke-1 Menteri Pariwisata ASEAN-India. Tahun 2007 jumlah turis internasional ke ASEAN mencapai 60 juta, di mana untuk intra-ASEAN travel mencapai 25,8 juta.

Sumber: www.budpar.go.id (26 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts