Plt Gubri Ajak Besarkan Budaya Melayu

Jakarta - Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri) Ir H Arsyadjuliandi Rachman melakukan safari Ramadan di Jakarta sekaligus menggelar buka bersama dengan masyarakat dan mahasiswa Riau se-Jabodetabek, Sabtu (27/6). Bertempat di Gedung Sasana Griya, TMII Jakarta tersebut, ia memaparkan berbagai program Pemprov Riau.

Didampingi istri Hj Sisilita Arsyadjuliandi, juga hadir anggota DPD RI H Abdul Gafar Usman, Sekdaprov Riau Zaini Ismail, Asisten I Ahmadsyah Harrofi, Asisten II Edi Kusdarwanto dan Asisten III Masperi serta sejumlah pejabat tinggi pratama Pemprov Riau. Tampak pula hadir anggota DPR RI Tabrani Maamun, serta para tokoh masyarakat dan mahasiswa Riau se-Jabodetabek.

Dalam sambutannya, Plt Gubri optimis bahwa visi Riau 2020 bakal terwujud sesuai harapan sebagai pusat ekonomi dan kebudayaan Melayu di Asia Tenggara. Sebab, saat ini Riau sudah menjadi pusat pertumbuhan di Sumatera dan sudah diperhitungkan di tingkat Asia Tenggara.

“Riau saat ini telah berkontribusi sebesar 24 persen di bidang perekonomian di Sumatera. Memang di Sumatera kita yang tertinggi. Ekonomi sudah, jadi perlu ditopang dengan kebudayaan yang besar dalam mewujudkan visi misi 2020,’’ sebutnya.

Dengan menjadi pusat pertumbuhan di Sumatera, ekonomi dan kebudayaan adalah visi Riau yang terkandung di dalamnya. Riau akan menjadi pusat perekonomian di Asia Tenggara. Dari segi budaya, Plt Gubri juga mengaku sedang berupaya keras agar Riau menjadi kiblat utama budaya Melayu di Asia Tenggara pada 2020 mendatang.

“Saya sudah bicarakan dengan DPRD Provinsi Riau untuk membentuk Dinas Kebudayaan, anggota dewan sepakat dan bertekad untuk mengadakannya,’’ sambung Andi.

Lebih banyak berbicara tentang ekonomi dan kebudayaan Melayu, Ia juga mengajak seluruh pihak harus menjaga dari berbagai pergeseran yang diakibatkan masuknya kebudayaan asing di Riau. Dengan keberadaan Dinas Kebudayaan nantinya, maka salah satu tugasnya mengawal pergeseran tersebut.

“Saat ini, setiap saya menghadiri acara, terus memakai tari persembahan adat Melayu dan menggunakan pantun, inilah yang nanti dikawal Dinas Kebudayaan salah satunya,’’ lanjut Plt Gubri.

Guna mewujudkan hal tersebut, Plt Gubri mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign