Bupati Akui Potensi Pariwisata Siak Tak Kalah Menarik, Namun Belum Dikembangkan Maksimal

Siak, Riau - Sebenarnya potensi budaya dan pariwisata Kabupaten Siak tidak kalah menarik dengan daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau, bahkan daerah lain di Indonesia. Namun sayang, potensi tersebut belum dapat dikembangkan secara maksimal.

"Untuk mencapainya, dunia pariwisata di Kabupaten Siak ini perlu mendapat sentuhan yang profesional. Karena itu Pemerintah Kabupaten Siak tidak akan tinggal diam, apalagi saat ini Pemkab Siak tengah giat-giatnya menggali potensi- potensi pariwisata yang ada di Bumi Melayu yang kita cintai ini,"ungkap Bupati Siak, Syamsuar.

Diungkapkannya, dengan menggeliatnya sektor-sektor pariwisata, tentu dengan sendirinya akan meningkatkan permintaan terhadap hasil-hasil kerajinan khas Kabupaten Siak sebagai oleh-oleh. Karena itu peningkatan permintaan ini tentunya harus diimbangi dengan penambahan produksi tanpa mengurangi kualitas produk sendiri.

"Di sinilah Dekranasda Kabupaten Siak nantinya harus mengambil peranan dalam pembinaan terhadap para pengrajin, sehingga kualitas dan kuantitas produk-produk yang dihasilkan terjaga dan dapat terus itingkatkan," sebutnya.

Oleh sebab itu, kata Syamsuar, masyarakat Kabupaten Siak harus berbangga hati,karena memiliki budaya daerah yang bernilai tinggi. Seperti Tenunan Siak, Estetika dan keindahan corak kain Tenun Siak yang kini sudah diakui dan dipakai secara Nasional.

"Kita bisa lihat, produk-produk tersebut dipakai dan menjadi hiasan di hotel-hotel, rumah, restoran, rumah ibadah, hingga kantor-kantor pemerintah. Kendati demikian kita jangan puas hanya sampai di sini. Kita harus mempromosikan kain tenun dan hasil-hasil kerajinan lainnya, hingga suatu saat dikenal sampai ke mancanegara," bebernya.

Lebih lanjut Syamsuar mengatakan, upaya tersebut tentunya tidak bisa dilakukan sendiri. Harus dilakukan promosi dengan melibatkan media, baik cetak maupun elektronik.

Katanya, promosi ini hendaknya dapat dimaksimalkan guna mendukung pemasaran produk yang akhirnya memajukan kesejahteraan pengrajin.

Selain itu pemanfaatan ajang pameran dan berbagai event sebagaimana telah dilaksanakan selama ini, tetap harus dimaksimalkan, agar masyarakat merasa dekat dengan produk kerajinan yang dihasilkan.

Tak hanya sampai di situ, ouput dari upaya dan usaha yang akan dilakukan oleh Dekranasda Kabupaten Siak, nanti diharap dapat sesuai harapan semua. Sehingga bila itu terjadi, akan dapat

meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

"Dengan demikian pendapatan masyarakat dan Pemerintah Daerah meningkat pula dan pada akhirnya harapan masyarakat menjadi sejahtera dapat terwujud," tukasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign