Iyeth Bustami, Mobil Volvo, dan Dugaan Korupsi Pak Bupati

Beberapa pekan ini, nama Iyeth Bustami menjadi sorotan pers. Selain karena baru saja diganjar penghargaan Best Dangdut versi MTV Awards 2003 untuk lagunya Laksamana Raja di Laut, penyanyi Melayu asal Riau itu disebut-sebut punya hubungan istimewa dengan Bupati Inderagiri Hilir (Inhil), Riau, HM Rusli Zainal.

Pekan lalu, sebuah kabar menyebutkan, rumah Iyeth di Jalan Sawo, Menteng, Jakpus disebut-sebut "kado" dari sang bupati. Iyeth pun membantah keras tudingan tersebut. "Rumah ini hasil jerih payah saya sendiri dari nyanyi," kata Iyet kepada wartawan mengklarifikasi berita tersebut di rumahnya, Rabu pekan lalu.

Sepekan kemudian, nama Iyeth kembali disebut-sebut. Kamis (25/9) kemarin, sejumlah orang yang menyebut dirinya Forum Komunikasi Pemuda dan Mahasiswa Riau (FKPMR) di Jakarta mendatangi gedung Kejaksaan Agung. Mereka mengadukan soal dugaan korupsi yang dilakukan Rusli Zainal. Salah satunya, kasus pembelian mobil volvo seharga Rp700 juta yang dikeluarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2003.

M. Rico, juru bicara FKPMR, menuding mobil volvo itulah, yang terlihat sering mangkal dan digunakan penyanyi Melayu asal Riau, Iyeth Bustami. Padahal, dananya sendiri didapat dari APBD Riau.

Mendengar tudingan itu, Iyeth kembali memberi bantahan. "Kalau ada yang lihat volvo di rumah, bisa saja punya teman saya. Perlu diketahui saya tidak pernah menerima barang berharga dari Rusli, termasuk rumah dan volvo," bantah Iyeth usai mengisi program musik Kemilau di Stasiun RCTI, Kamis (25/9) malam.

Iyeth sendiri tidak membantah kalau dirinya pernah menjalin asmara dengan Rusli. Malah, Iyeth mengaku jalinan asmaranya itu sulit untuk dilupakan. Diakui penyanyi yang pernah menjadi juara festival penyanyi Melayu se-Riau (1985) itu, kalaupun mendapat kado dari Rusli, paling tak lebih dari sajadah dan mukena.

"Saya enggak mau urusan dengan hal semacam itu," katanya dengan nada tinggi seperti yang dikutip Ign Agung dari Warta Kota.

Jika sampai pihak Kejagung memintanya jadi saksi untuk dugaan kasus tersebut, penyanyi yang mengklaim telah menghasilkan sebelas album itu mengaku siap bila diperlukan. "Saya mau datang kalau ada panggilan resmi," katanya. (EH)

Sumber : forum.kafegaul.com  26 September 2003
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign