Saung Angklung Udjo Tampil di Aman

Bandung, Jabar - Saung Angklung Udjo tampil dalam Indonesia Product and Cultural Expo 2011 di Aman, Yordania, pada 13-16 Juli.

Satria Yanuar Akbar, Direktur Operasional Saung Angklung Udjo, mengatakan setelah angklung dikukuhkan sebagai warisan budaya asal Indonesia pada 18 November 2010 oleh UNESCO, tantangan terberat yang harus dihadapi adalah upaya pelestarian dan penyebarluasan budaya angklung bagi masyarakat dunia.

Berdasarkan semangat pelestarian tersebut, kata dia, Saung Angklung Udjo sebagai sanggar seni yang memfokuskan diri dalam pengembangan budaya angklung senantiasa berusaha melakukan pengembangan demi semakin lestarinya warisan budaya nenek moyang tersebut.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan sebagai langkah pelestarian ini, pihaknya bekerja sama dengan KBRI-Aman (Yordania) dengan mementaskan angklung dalam kegiatan tersebut.

"Sungguh penghargaan terbesar yang kami rasakan, karena mendapat kehormatan tampil di acara tersebut," katanya sebelum bertolak ke Yordania kemarin.

Indonesia Product and Cultural Expo 2011 merupakan salah satu even produk terbesar di Timur Tengah yang diikuti 400 peserta dari seluruh pelosok Indonesia.

"Indonesia Product and Cultural Expo 2011 selalu menjadi target kunjungan masyarakat Timur Tengah, baik dari Saudi Arabia, Mesir, dan negara lainnya. Mereka berani berkunjung ke Yordania, karena negara ini merupakan negara paling aman di kawasan Timur Tengah," tuturnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts