Jaipong Hibur Penonton Wales, Inggris

London, Inggris – Tari jaipong menghibur penonton pergelaran terbesar budaya asing "The Multicultural Mela" di The Oval Basin, Cardiff Bay, Wales, akhir pekan.

Pengarah program kegiatan Pengabdian Masyarakat PPI United Kingdom M Fauzan Adziman, di London, Minggu, mengatakan, kegiatan perkenalan budaya terbesar di Kota Cardiff, Ibu Kota Wales, menyedot setidaknya 30.000 pengunjung.

Dikatakannya, tidak ubahnya seperti tahun-tahun sebelumnya, pergelaran terbesar budaya asing "The Multicultural Mela" dari tahun ke tahun dikunjungi masyarakat Wales.

Pergelaran budaya ini merupakan kegiatan "Summer Festival" pengenalan budaya asing terbesar di Kota Cardiff, Wales. "Saya selalu datang tiap tahun", jelas Mamiek Hooper, pengunjung yang juga masyarakat Indonesia yang tinggal di Wales, Ia datang sekeluarga bersama putrinya, Farah, dan suaminya, John.

Pergelaran ini diselenggarakan panitia yang terbentuk secara sukarela dan tergabung dalam kepanitiaan nirlaba, Mela Organiser. Sebagian dari dana kegiatan disponsori Cardiff City Council dan Arts Council, Wales. Mela berasal dari bahasa Sanskrit berarti berkumpul atau bertemu di dominasi pengenalan budaya menampilan budaya Asia Selatan.

Untuk budaya Asia Tenggara, Indonesia memperkenalkan tari jaipong yang dibawakan penari yang juga masyarakat Indonesia yang tinggal di Wales, Fea du Feumeilya.

Dengungan degung sunda memecah hiruk-pikuk pengunjung, membawa pengunjung ikut berjoget dan berkali-kali terdengar tepuk tangan meriah.

Dukungan penuh KBRI London pun terlihat dengan kehadiran Atase Pendidikan dan Kebudayaan London T A Fauzi Soelaiman di acara ini.

"Perkenalan budaya Indonesia ini, mari kita terus kembangkan ke tahun-tahun selanjutnya," ujarnya, menegaskan pentingnya kehadiran perkenalan budaya Indonesia di acara budaya terbesar di Wales, Negara Bagian Inggris Raya yang berpenduduk tiga juta jiwa.

Acara puncak ditutup dengan kehadiran Imran Khan, penyanyi khas Punjabi bertaraf internasional yang pada tahun 2007 albumnya menembus hits nomor 1 di tangga lagu Asia yang disiarkan radio dan televisi di Inggris Raya.

Tidak hanya pergelaran budaya, kegiatan ini juga menghadirkan stan makanan dan juga pengenalan budaya melalui workshop, demikian pengarah program kegiatan Pengabdian Masyarakat PPI United Kingdom M Fauzan Adziman.

-

Arsip Blog

Recent Posts