Tomohon International Flower Festival 2012 diluncurkan

Jakarta - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Sapta Nirwandar bersama Walikota Kota Tomohon Jimmy F Eman meluncurkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Parekraf, Jakarta, Rabu malam.

"Festival bunga internasional ini akan berlangsung di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) pada 8--12 Agustus 2012," kata Wamen Parekraf, Sapta Nirwandar.

Ia mengatakan, penyelenggaraan TIFF 2012 yang mengangkat tema "Wonderful Tomohon" dimaksudkan sebagai wadah promosi pariwisata bersama dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sulut khususnya ke Tomohon.

Wamen Parekraf Sapta Nirwandar yang juga sebagai (Plt) Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf menambahkan, penyelenggaraan TIFF 2012 selain untuk mempromosikan pariwisata Kota Tomohon yang memiliki daya tarik bunga sebagai ikon, juga memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pariwisata maupun ekonomi kreatif.

"Khususnya dari kreativitas bunga yang banyak dikembangkan masyarakat setempat," katanya.

Menurut dia, event TIFF juga harus gencar dipromosikan agar terkenal ke seluruh dunia seperti Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Tomohon Jimmy F Eman, mengatakan, penyelenggaraan TIFF 2012 akan meliputi empat kegiatan utama.

"Empat kegiatan itu yakni Tournament of Flower (TOF) yang berlangsung 8 Agustus, Kontes Ratu Bunga pada 10 Agustus, dan Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi dan Florikultura, serta Festival Seni Budaya Nusantara yang berlangsung 8--12 Agustus 2012," katanya.

Peserta TIFF 2012 dari perwakilan negara-negara sahabat, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), 15 kabupaten/kota se-Sulut, BUMN, BUMD, serta perusahaan swasta dengan jumlah pengunjung pameran diperkirakan mencapai 30 ribu orang.

TIFF sebagai event dua tahunan pertama kali diselenggarakan pada 2008 sebagai Tomohon Flower Festival yang masih berskala nasional diikuti 46 kota se-Indonesia dengan jumlah pengunjung sebanyak 20 ribu orang.

Pada penyelenggaraan kedua pada 2010 ditingkatkan menjadi Tomohon International Flower Festival yang diikuti 82 peserta termasuk negara sahabat Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India, dan Rusia dengan pengunjung sebanyak 25 ribu orang.

"Penyelenggaraan festival bunga ini sejak awal mendapat dukungan dari Ditjen Pemasaran Kemenparekraf antara lain berupa bantuan publikasi melalui kegiatan acara peluncuran maupun `press conference`," katanya.

Hadir dalam acara peluncuran TIFF 2012 antara lain Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri M Faried, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon Gerardus Mogi, anggota DPRD Kota Tomohon dan para tokoh masyarakat Sulut yang ada di Jabodetabek dan juga yang berdomisili di Provinsi Sulawesi Utara.

-

Arsip Blog

Recent Posts