Festival Danau Poso Gelar Tarik Tambang di Perahu

Tentena - Lomba tarik tambang di atas perahu di danau Poso, Sulawesi Tengah menjadi salah satu tontonan yang digelar secara khusus pada Festival Danau Poso (FDP) ke-10, Jumat (7/12).

Jumlah peserta lomba tarik tambang itu enam regu mewakili enam kabupaten di Sulteng. Setiap regu yang terdiri enam orang tersebut adu kuat dengan lawan dalam lomba menarik tambang sepanjang hampir 100 meter di atas perahu yang panjangnya 10 meter.

Tampak para penonton gegap gempita memberi dukungan kepada kontingen daerah masing-masing. Hardiman, salah seorang penonton mengatakan lomba ini unik karena digelar di atas perahu. "Kalau setiap regu peserta jumlah anggotanya lebih banyak lagi, lomba ini akan lebih meriah," katanya.

Pada lomba yang berlangsung sekitar satu jam itu regu dari Kabupaten Donggala tampil sebagai juara pertama, sedangkan juara dua dan tiga regu Kabupaten Poso dan Parigi Moutong.

Menurut Ketua Panitia FDP ke-10, Jethan Towakit, kegiatan tahunan FDP sempat vakum (tidak ada festival) sejak 1997, baru kemudian diadakan kembali pada tahun 2007. FDP ke-10 berlangsung 6-10 Desember dan diikuti 509 peserta dengan menggelar 17 jenis kegiatan.

Sumber: Media Indonesia (8 Desember 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts