Kerajaan Melayu Islam ditelusuri

Bireuen, NAD - Jejak kerajaan Islam Campa yang selama ini kurang terpublikasi kini mulai ditelusuri keberadaannya oleh pihak kru TV Al-Hijrah, Malaysia bersama pemerhati sejarah dan budaya Aceh, M Adli Abdullah dengan mendatangi lokasi bekas Kerajaan Jeumpa di Desa Blang Sepeung, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.

Selain untuk diketahui peranan Aceh dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara, juga rencananya akan difllmkan melalui program titian ombak yang akan digarap 13 episode.

“Dalam catatan sejarah, sebagian besar penduduk dan raja kerajaan Melayu Islam Campa di Vietnam migrasi ke Aceh karena diserang oleh kerajaan Cina. Makanya hari ini (kemarin-red) tim TV Hijrah Malaysia bersama kami mencoba menelusuri kembali jejak-jejak kerajaan Islam Campa di Bireuen ini, karena di kabupaten ini terdapat situs kerajaan Raja Jeumpa, di Desa Blang Seupeung, Kecamatan Jeumpa,” kata M Adli Abdullah, siang ini.

Menurut M Adli, ditelusurinya kerjaan Campa itu selain untuk difilmkan juga untuk ditelusuri peran Aceh dalam menyebarkan Islam ke Asia Tenggara dulu. Satu episodenya menelusuri jejak kerajaan Melayu Islam Campa di Vietnam yang sudah hilang.

Berdasarkan catatan sejarah sebagian besar penduduk dan rajanya hijrah ke Aceh pada abad ke 13, karena diserang kerajaan Cina dan mendapat perlindungan kerajaan Pasai dan mendirikan kerajaan Jeumpa yang ibukotanya berada di Desa Blang Seupeung, Kecamatan Jeumpa Bireuen itu.

Pengarah TV Al Hijrah Malaysia, Ustad Wan Ilyas kepada wartawan mengatakan, penelusuran jejak kerajaan Islam Campa di Bireuen itu dilakukan pihaknya dalam rangka memelihara jejak warisan peradabaan Islam di Asia Tenggara. Hasilnya penelusuran jejak kerajaan Islam Campa tersebut akan dibuat dalam seri dokumenter yang akan disiarkan ke seluruh dunia.

“Beberapa waktu lalu kami juga telah menggarap film dokumenter seri jejak Rasul yang selama ini diputar di seluruh dunia,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Bapeda Bireuen yang juga pemerhati sejarah di Bireuen Ir H Razuardi Ibrahim MT, mengatakan, pemerintah Bireuen mendukung sepenuhnya hal itu.

-

Arsip Blog

Recent Posts